Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Student Team Achievement Division Siswa Kelas IV SD Negeri 82 Bengkulu

 Abstract views: 152 ,  downloads: 92
  • Andri Valen STKIP-PGRI Lubuklinggau
  • Asep Sukenda Egok

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Student Team Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 82 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek  penelitian peserta didik  kelas IV.a SDN 82 Kota Bengkulu, sebanyak 24 orang terdiri dari 11 Laki-laki dan 11 perempuan. Model yang digunakan adalah model cooperatif learning Student Team Achievement Division. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.  Penelitian terdiri dari tiga Siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 82 Kota Bengkulu menggunakan model Student Team Achievement Division. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata siswa, Siklus 1 nilai rata-rata Pre-test 48.75 dan Post-test 73.54, Siklus 2 nilai rata-rata Pre-test 50.42 dan Post-test 76.04, Siklus 3 nilai rata-rata Pre-test 52.08 dan Post-test 78.54. Dengan ini dapat disimpulkan  bahwa model pembelajaran cooperatif learning  Student Team Achievement Division dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran.

 

Kata kunci: hasil belajar, IPS, model Student Team Achievement Division

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bambang. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD di Kelas V SDN 1 Balukang: Jurnal kreatif Tadulako Online. Vol. 2 No. 2.

Deomedes Mutalib. 2014. Peningkatan Hasil Belajar IPS Model Kooperatif Tipe STAD di Sekolah Dasar. Laporan Penelitian. Universitas Tanjungpura: Pontianak.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP

Dirja. Dkk. 2014. Pembelajaran Kooperatif tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Inpres Kuatu: Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol.2 No.2

Gusniar. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajran IPS Kelas IV SDN No.2 Ogoamas II: Jurnal Tadulako Online. Vol.2 No.1

H. adelina. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Soial Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Media Akademi.

Jihad Asep, Haris Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo

Nashrullah, dkk. 2014. Meningkatkkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar Kecil Cempaka Sari Melalui Penerapan Pencapaian Konsep Pada Kelas IV Tahun 2013: Elementary School of Education E-Journal. Media Publikai Ilmiah Prodi PGSD. Vol. 2, No 1.

Nasrul. 2014. Penggunaan model pembelajaran IPS Cooperative Laerning tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS di Kelas III SD Negeri 16 Tanjung Aur Kota Padang: Jurnal Pendidikan. Pedagogi Vol. XIV. No. 2.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Sudaryanto. 2014. Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar tentang Kenampakan Buatan di Wilayah Indonesia dengan Media Visual pada Siswa Kelas V SDN Selodakon Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pancaran. Vol.3 No.3

Tukiran. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Valen, Andri. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Folklor di SMA Negeri Muara Kelingi Tahun Ajaran 2013/2014. Lubuklinggau: Skripsi Prodi Sejarah STKIP-PGRI Lubuklinggau.

Published
2020-09-30