Dampak Relokasi Terhadap Keberlanjutan Pasar Bobou Bajawa

 Abstract views: 75 ,  downloads: 60
  • Moch Shofwan FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
Keywords: Keberlanjutan, Rekolasi, Pasar

Abstract

Abstrak

Relokasi Pasar Bobou di lakukan sejak dikeluarkannya Surat Keputusan Bupati tentang Pemindahan Lokasi Pasar dan Pembentukan Tim Penataan Lokasi Pasar. Relokasi dilakukan dengan alasan keterbatasan daya tampung pedagang dan dukungan fasilitas serta sarana prasarana yang kurang. Keberlanjutan suatu pasar tradisional dapat dilihat dari harga barang, kualitas pelayanan, lokasi, serta varian produk pada pasar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberlanjutan pasar bobou bajawa pasca relokasi. Pada Penelitinan ini penulis menggunakan  Metode penelitian dengan teknik analisis SWOT dengan Pengumpulan data dilakukan melaluli observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan keberlanjutan pasar sulit di terapkan hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu tingkat pendapatan pedagang yang menurun, aksesbilitas seperti angkutan umum yang tidak beroperasi lagi dan jarak lokasi pasar yang jauh dari pusat kota.

 

Kata Kunci : Keberlanjutan, relokasi, pasar. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djangga, Marselinus. (2016). Implementasi kebijakan pemerintah daerah kabupaten ngada dalam relokasi pasar tradisional (Skripsi). Retrieved from http://repo.apmd.ac.id/314/

Dewi, Winarni. (2011). Dampak Relokasi Pasar Pasar Sampangan Kota Semarang. Serat Acitya (Jurnal Ilmiah), 3(1), 178-193.

Meo, Pradeksis Stigma. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Lokasi Pasar Baru Bobou Kelurahan Faobata Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada (Sripsi). Retrieved from Program Studi PWK Unipa.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandug:Alfabeta.

Indiastuti. (2016). Keberlanjutan Pasar Tradisional Dari Aspek Ekonomi. Jurnal Ekonomi, 3(1), 75-97.

Published
2020-09-22