FENOMENA LEARNING ORGANISATION PADA DOSEN PROGRAM STUDI KEBIDANAN DI UNIPA SURABAYA

 Abstract views: 119 ,  downloads: 233
  • tony susilo wibowo
  • i made bagus dwiarta

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan dalam dunia pendidikan yang semakin ketat sehingga harus disikapi oleh anggota organisasi agar tidak tertinggal oleh perubahan. Program Studi Kebidanan Unipa adalah salah satu lembaga yang selalu berusaha untuk mengikuti perubahan itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali informasi tentang perilaku belajar yang dilakukan dosen dengan menggunakan pendekatan 5 dimensi learning organization yang dikemukakan Senge.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat eksploratif karena tujuan penelitian ini adalah menggali usaha-usaha yang dilakukan dosen dalam meraih learning organization, maka penggalian data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam terhadap dosen, direktur program studi, mahasiswa dan tenaga adminsitrasi serta observasi dan dokumentasi pada kancah penelitian.
Hasil penelitian yang didapatkan pada dimensi personal mastery, dosen mempunyai minat yang besar untuk mengembangkan diri, kondisi tersebut juga di dukung oleh pimpinan, sedangkan pada disiplin mental models, dosen selalu terbuka pada masukan yang diberikan kepadanya agar dapat melakukan perbaikan-perbaikan pada masa yang akan datang. Pada disiplin shared vision, dosen berupaya untuk selalu berbagi ilmu meski tidak ada forum khusus, namun demikian pimpinan tetap mendukung usaha tersebut. Disiplin team learning terlihat dari usaha dosen dalam proses pembelajaran dengan melaksanakannya secara berkelompok. Sedangkan pada displin system thinking, suasana dan kondisi yang mendukung, membuat dosen merasa nyaman untuk meraih learning organization.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armstrong, Michael. 2010. Armstrong’s Essential Human Resource Management Practice: A Guide to People Management, London: Kogan Page.
Braham, Barbara J. 2003. Creating A Learning Organization, Terjemahan dari Fast-Track MBA Series, Jakarta: Elex Media Komputindo.
Daft, Richard L. 2007. Understanding the Theory and Design of Organization. United States: Thompson South-Western.
Senge, Peter. 2006. The Fifth Discipline: The Art & Practice of the Learning Organization. USA Random House, Inc.
_________ .et al. 2000. Schools That Learn, A Fifth Discipline Fieldbook for Educators, Parents and Everyone Who Cares About Education, London: Nicholas Brealey Publishing.
Singh, Kavita. 2010. An Analysis of Relationship Between The Learning Organization and Organization Culture In Indian Business Organization. Organization and Markets In Emerging Economies Journal Vol 1, No 1.
Swanson, Richard A & Holton, Elwood, F. 2001. Foundation of Human Resource
Development, San Fransisco: Berrett-Koehler Publisher, Inc.
Published
2018-01-10
How to Cite
wibowo, tony susilo, & dwiarta, i made bagus. (2018). FENOMENA LEARNING ORGANISATION PADA DOSEN PROGRAM STUDI KEBIDANAN DI UNIPA SURABAYA. Majalah Ekonomi, 16(2), 74 - 86. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/1106
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>