PENGARUH JURUSAN DAN NILAI SEKOLAH MENENGAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI S1 SISTEM KOMPUTER STIKOM SURABAYA

 Abstract views: 25 ,  downloads: 69
  • sulistiowati sulistiowati

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menentukan persyaratan yang harus dimiliki oleh calon mahasiwa program studi S1 Sistem Komputer STIKOM Surabaya sebagai kriteria dimensi kemampuan awal yang dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi S1 Sistem Komputer pada saat studi di STIKOM Surabaya. Prestasi belajar mahasiswa dalam hal ini diwakili oleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Faktor-faktor yang dianggap mempengaruhi IPK di STIKOM Surabaya dibatasi pada faktor jurusan, rata-rata nilai pelajaran (nilai rapor) kelas 1 dan kelas 2, serta nilai danem (variabel-varibel nilai yang berasal dari data calon mahasiswa).
Dengan menggunakan data sampel mahasiswa program studi S1 Sistem Komputer di STIKOM Surabaya angkatan 2008, 2009, 2010, dan 2011 sebanyak 208 mahasiswa, dan menggunakan metode Analisis Path dan Regresi Linier Berganda, diperoleh hasil bahwa semakin baik rata-rata nilai pelajaran di Sekolah Menengah (SMA) jurusan IPA maka semakin baik pula IPK mahasiswa di program studi S1 Sistem Komputer STIKOM Surabaya. Sedangkan untuk nilai Danem, jurusan IPS, jurusan Bahasa, dan Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) diperoleh tidak ada pengaruh terhadap IPK mahasiswa di program studi S1 Sistem Komputer STIKOM Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bennet,J.V., Bailey,D., 1996, The Realistic Model of Higher Education, Quality Progress November, 77
Data Center STIKOM Surabaya diambil pada bulan Januari 2013.
Hair, Joseph F. dkk, 2010, Multivariate Data Analysis, Pearson Education Inc.
Lind, Douglas A; 2011, Marchal, Wiliam G and Wathen, Samuel A, Statistical Techniques in Business and Economic 13th Ed., McGraw-Hill Companies, Inc.
Setiawan, I.A. dan Ritongga, F., 2011, Analisis Jalur (Path Analisys) Dengan Menggunakan Program Amos, Suluh Media, Tangerang.
Walpole, Ronald E. and Raymond H. Myers, 1995, Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan, edisi 4, alih bahasa oleh R.K. Sembiring, Penerbit ITB, Bandung.
Wari, Eval, 2001, Pengaruh faktor Intelektual dan Non Intelektual Terhadap Prestasi Akademik (Kasus Mahasiswa Institut Pertanian Bogor 1997/1998), Tugas Akhir tidak diterbitkan, Jurusan Statistika
Published
2018-01-10
How to Cite
sulistiowati, sulistiowati. (2018). PENGARUH JURUSAN DAN NILAI SEKOLAH MENENGAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI S1 SISTEM KOMPUTER STIKOM SURABAYA. Majalah Ekonomi, 18(2), 45 - 54. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/1168
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)