PERAMALAN PRODUKSI SARUNG TENUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMULUSAN DATA

 Abstract views: 33 ,  downloads: 53
  • weny indah kusumawati

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil peramalan pada PT. ASEANTEX Mojokerto dengan menggunakan metode Single Exponential Smoothing, yaitu teknik peramalan yang sederhana, tetapi telah menggunakan suatu konstanta pemulusan (α) dengan besaran antara 0 hingga 1. Jika nilai α mendekati nilai 1 maka hasil peramalan cenderung mendekati nilai observasi, sedangkan jika nilai α mendekati nilai 0, maka hasil peramalan mengarah ke nilai ramalan sebelumnya.
Peramalan menggunakan metode time series adalah peramalan yang menggunakan serangkaian pengamatan terhadap suatu peristiwa, kejadian, gejala, atau variabel yang diambil dari waktu ke waktu. Atau dengan kata lain, peramalan yang menggunakan serangkaian data masa lampau. Salah satu model peramalan yang digunakan adalah Moving Average atau Single Exponential Smoothing.
Dari hasil perbandingan dua metode yang telah dilakukan, ternyata metode yang paling sesuai untuk ketiga jenis sarung adalah Single Exponential Smoothing, karena menghasilkan tingkat kesalahan perkiraan (MS) yang kecil dibandingkan dengan tingkat kesalahan perkiraan dari metode Moving Average, yaitu:
untuk sarung Betel Terbang adalah MAPE = 3.3184; MAD = 4.9837; MSD = 32.9701; untuk sarung Asultan adalah MAPE = 8.5927; MAD = 7.8412; MSD = 85.6096; dan untuk sarung Raydan adalah MAPE = 7.6972; MAD = 3.1869; MSD = 14.5974.
PT. ASEANTEX tidak bisa menerapkan metode Double Exponential Smoothing karena data yang dimiliki oleh PT. ASEANTEX bersifat stasioner, artinya nilai rata-rata data tidak berubah dari waktu ke waktu, atau dapat dikatakan data bersifat stabil. Hal ini dibuktikan juga dari hasil peramalannya, dimana hasil produksi yang diramal tidak jauh berbeda dari minggu-minggu sebelumnya. Sedangkan pada metode Double Exponential Smoothing dibutuhkan data yang bersifat non stasioner.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assauri, Sofjan, 2004, “Manajemen Produksi dan Operasi”, Edisi Revisi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.
Gaspersz, Vincent, 1997, “Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Makridakis, Wheelwright, McGee, 1999, “Metode dan Aplikasi Peramalan”. Jakarta: Binarupa Aksara.
Render, Barry and Jay Heizer, 2006, “Operation Management”, 8th Edition, Prentice Hall, Inc. Upper Saddle River, USA.
Santoso Singgih, 2009, “Business Forecasting: Metode Peramalan Bisnis Masa Kini dengan Minitab dan SPSS”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
https://cobodoe.wordpress.com/2012/12/02/peramalan-sederhana-single-moving-average-vs-single-exponential-smoothin/
http://id.wikipedia.org/wiki/Faktor_produksi
Published
2018-01-10
How to Cite
kusumawati, weny indah. (2018). PERAMALAN PRODUKSI SARUNG TENUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMULUSAN DATA. Majalah Ekonomi, 18(2), 69 - 78. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/1175
Section
Artikel