Pengaruh Biaya Produksi dan Kepadatan Bibit Ikan terhadap tingkat Laba Petani tambak

 Abstract views: 48 ,  downloads: 62
  • sugijanto sugijanto Dosen Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Peneli Ilan ini sebelumnya menggunakan tiga variabel independen yaitu biaya produksi, luas lahan dan jumlah hihit ikan, sedangkan variabel dependen pendapatan petani. Setelah dianalisis dengan menggunakan uji asumsi terhadap variabel independen hasilnya terkena heteroskedastisitas sehingga peneliti perlu melakukan transformasi data 
Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan menggunakan Regresi Linier Berganda, Koefisien korelasi ditunjukkan R = 0,946 dan R Square = 0,895 hal ini berarti 89,5 % variasi atau perubahan dari tingkat laba disebabkan oleh biaya produksi dan kepadatan bibit ikan sedang sisanya 10,5 % disebabkan variabel lain yang tidakdisertakan dalam penelitian ini. 
Seluruh variab-1 behas (biaya produksi dan kepadatan bibit ikan) berpengaruh secara simultan pada tingkat pendapatan petani tambak di desa Badurame kabupaten Lamongan, secara parsial Biaya produksi berpengaruh terhadap tingkat laba petani tambak sedangkan kepadatan bibit ikan tidak berpengarith secara parsial terhadap lingkat laba petani tambak di desa Badurame kabupaten Lamongan. 
Pada hash' uji hipotesis dengan menggunakan Signifilcansi Parameter Individual (t-test), menunjukkan biaya produksi yang paling dominan pengaruhnya dari pada variabel kepadatan bibit ikan, hal ini terlihat pada beta biaya produksi sebesar 1,191 > beta kepadatan bibit ikan sebesar 0,289.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-10
How to Cite
sugijanto, sugijanto. (2018). Pengaruh Biaya Produksi dan Kepadatan Bibit Ikan terhadap tingkat Laba Petani tambak. Majalah Ekonomi, 17(1). Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/1235
Section
Artikel