Analisis Pengendalian Intern Dalam Sistem Penggajian Dan Pengupahan Untuk Menunjang Produktivitas

 Abstract views: 462 ,  downloads: 301
  • sugijanto sugijanto Dosen Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Penelitian ini dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner kepada responden bagian Akuntansi dan Keuangan serta Kesekretariatan untuk mengetahui penerapan pengendlian internal, dan wawancara untuk sistim akuntansi penggajian dan upah. Dengan menggunakan rumus Champion, yaitu dengan menghitung jumlah jawaban “Ya†hasil kuesioner setiap indikator varibel mengindikasikan bahwa indikator tersebut senantiasa menunjukkan pengaruh sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan sebagai pengendalian intern dalam menunjang produktivitas, dan juga menghitung untuk setiap indikator jumlah responden dengan jawaban “TidakÂâ€. Responden dengan jawaban ini mengindikasikan bahwa indikator tersebut senantiasa tidak menunjukkan pengaruh sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan sebagai pengendalian intern dalam menunjang produktivitas. 
Secara keseluruhan pengendalian intern atas sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan dalam penelitian ini dapat didiskripsikan bahwa pengendalian intern cukup menunjang atas sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan, sedangkan pengendalian intern atas sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan dilihat dari sistem otorisasi dan prosedur pencatatan yang belum dijalankan dengan baik dan dilihat dari sisi pembagian dari tugas masing-masing fungsi yang terkait belum jelas dan dari sisi tidak adanya pengembangan pendidikan untuk karyawan yang kompeten. Disisi lain dari sisi organisasi / pemisahan fungsi terdiri dari struktur organisasi dan job description dapat dikatakan sangat menunjang atas sistem penggajian dan pengupahan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-11
How to Cite
sugijanto, sugijanto. (2018). Analisis Pengendalian Intern Dalam Sistem Penggajian Dan Pengupahan Untuk Menunjang Produktivitas. Majalah Ekonomi, 17(2). Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/1278
Section
Artikel