AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PADA PT. PELABUHAN INDONESIA III SURABAYA

 Abstract views: 457 ,  downloads: 409
  • r. bambang dwi waryanto
  • sigit prihanto utomo

Abstract

Akuntansi pertanggungjawaban merupakan sistem akuntansi yang mengakui adanya pusat¬pusat pertanggungjawaban pada sebuah perusahaan. Akuntansi pertanggungjawaban timbul sebagai akibat adanya wewenang yang diberikan dan bagaimana mempertanggungjawabkannya dalam bentuk laporan tertulis. Laporan tersebut berupa laporan pertanggungjawaban yang dapat digunakan sebagai dasar analisa pengukuran prestasi kerja manajer untuk setiap pusat pertanggungjawaban dan pengendalian biaya. Biaya dalam sistem akuntansi pertanggungjawaban dihubungkan dengan manajer yang memiliki wewenang untuk mengkonsumsi sumber daya. Karena sumber daya yang digunakan harus dinyatakan dalam satuan uang dan itu merupakan biaya, maka sistem akuntansi pertanggungjawaban merupakan satu metode pengendalian biaya yang memungkinkan manajemen untuk melakukan pengelolaan biaya. Berdasakan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah melakukan riset mengenai penerapan akuntansi pertanggungjawaban sebagai alai pengendalian biaya. 
Variabel penelitian adalah Penerapan akuntansi pertanggungjawaban 
sebagai variabel bebas (x) dan Pengendalian biaya sebagai variabel terikat 
(y). Populasi penelitian adalah laporan keuangan PT. Pelindo III Surabaya. Sampel penelitian adalah laporan keuangan tahun 2008-2010 dengan pertimbangan agar data diharapkan tidak kadarluarsa (expired) yang ditentukan dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner dan dokumentasi yang kemudian diolah dengan metode deskriptif dan komperatif.
Berdasarkan pembahasan dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa PT. Pelindo III telah menerapkan akuntansi pertanggungjawaban dengan cukup baik. Penerapan akuntansi pertanggungjawaban tercermin pada penyusunan anggaran yang telah melibatkan semua bagian, penggolongan biaya dan kode rekening, laporan pertanggungjawaban dan penyusunan struktur organisasi yang sangat jelas. Sedangkan untuk pengklasifikasian biaya, PT. Pelindo III cukup baik menerapkan sistem akuntansi pertanggungjawaban. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-11
How to Cite
waryanto, r. bambang dwi, & utomo, sigit prihanto. (2018). AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PADA PT. PELABUHAN INDONESIA III SURABAYA. Majalah Ekonomi, 16(1). Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/1310
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)