KAJIAN LITERATUR PERBEDAAN BUDAYA DAN IKLIM ORGANISASI

 Abstract views: 4605 ,  downloads: 1286
  • tony susilo wibowo

Abstract

Keberadaan dan eksistensi organisasi tidak lepas dari peran anggota dalam berkiprah, begitu juga dengan warna yang melekat pada organisasi itu. Semua hal tersebut berhubungan dengan Iklim dan budaya organisasi yang terbentuk dalam sebuah organisasi. Secara definisi iklim merupakan sebuah deskripsi atau gambaran tentang organisasi dimana pada suatu kondisi tertentu karakteristik itu bersifat sementara dan dapat berubah, jika anggota berkehendak untuk mengubah, sedangkan budaya organisasi cenderung mengarah pada nilai, norma dan kepercayaan yang diyakini anggota untuk menjalankan tugasnya sehingga membentuk satu karakteristik tertentu dan akan bersifat lebih lama. 
Kedua hal tersebut, baik iklim maupun budaya akan terdapat dalam sebuah organisasi, dapat menjadi dua hal yang berbeda tetapi tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain karena keberadaannya saling mempengaruhi seiring dengan pengaruh lingkungan organisasi sehingga dapat disimpulkan bahwa iklim berangkat dari karakter masing-masing anggota yang kemudian berkembang dan mewarnai organisasi meski dalam satu waktu tertentu dapat berubah seiring perubahan pada organsiasi itu, sedangkan budaya berkembang dari nilai, norma dan keyakinan anggota yang kemudian meluas sehingga setiap anggota organisasi memahami kondisi tersebut dan dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama, keduanya merupakan sebuah fenomena dalam organisasi. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-11
How to Cite
wibowo, tony susilo. (2018). KAJIAN LITERATUR PERBEDAAN BUDAYA DAN IKLIM ORGANISASI. Majalah Ekonomi, 16(1). Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/1314
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>