ANALISIS CAMEL UNTUK MENILAI KESEHATAN BANK PADA BANK CIMB NIAGA

 Abstract views: 179 ,  downloads: 109
  • martha suhardiyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Sektor perbankan mempunyai peranan penting dan strategis dalam perekonomian nasional. Dengan semakin terbukanya perekonomian nasional akan semakin tinggi pula eksposure yang dihadapi Bank, yang pada gilirannya akan membebani modal dan mempengaruhi tingkat kesehatan bank tersebut. Penilaian tingkat kesehatan suatu bank yang mencerminlcan kondisi kinerja bank tidak hanya penting bagi Bank itu sendiri, tetapi juga penting bagi pemerintah dan terutama bagi masyarakat, karena modal utama bank dalam usahanya adalah dana masyarakat yang dipercayakan pada Bank. 

Mengingat pesatnya perkembangan sektor perbankan dan perubahan kompeksitas usaha serta profil risiko bank, dan juga adanya perubahan metodologi dalam penilaian kondisi Bank yang diterapkan secara internasional, maka Bank Indonesia telah mengeluarkan peraturan barn perihal Tata Cara Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum yang menggunakan metode CAMEL melalui Peraturan Bank Indonesia No.6/23/DPNP tgl. 31 Mei 2004, metode ini dapat dipergunakan untuk menilai kesehatan keuangan suatu bank , penelitian ini mengambil sampel laporan keuangan Bank CIMB Niaga tahun 2009 — 2010. Dengan menggunaan Analisis Camel dapat diketahuia bahwa Dan hasil analisis CAMEL terhadap Rasio Laporan Keuangan Bank CIMB Niaga tahun 2009 dan tahun 2010, Maka dapat diambil kesimpulan bahwa Bank CIMB Niaga banyak mengalami peningkatan (kemajuan). Hal ini dapat kita lihat dan ketujuh indikator kesehatan perbankan diatas yang mana dari tahun 2009 ke tahun 2010 menunjukan perubahan Peningkatan (Kemajuan).Oleh karena itu kami menyimpulkan bahwa Bank CIMB Niaga dalam kondisi baik (Sehat), sehingga kondisi ini hares ditingkatkan lagi untuk kemajuan Bank CIMB Niaga. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-11
How to Cite
suhardiyah, martha. (2018). ANALISIS CAMEL UNTUK MENILAI KESEHATAN BANK PADA BANK CIMB NIAGA. Majalah Ekonomi, 15(2). Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/1364
Section
Artikel