PENGENDALIAN INTERN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA SIKLUS PENDAPATAN BERBASIS KOMPUTER DALAM ENTITAS USAHA

 Abstract views: 258 ,  downloads: 138
  • martha suhardiyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Tujuan utama dari akuntansi keuangan. untuk menyediakan suatu informasi yang relevan terhadap pihak-pihak luar seperti pemegang saham, kreditur, maupun pihak pemerintah. Untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi bagi pihak ekstern maupun intern tersebut, maka disusun suatu sistem informasi akuntansi. Sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan, maka sistem informasi akuntansi dapat diproses baik dengan cara manual maupun dengan menggunakan mesin-mesin mulai dari mesin pembukuan yang sederhana sampai dengan komputer. Jika sistem akuntansi dibuat secara komputerisasi, bagaimana model pengendalian intern Sistem Informasi Akuntansi (SIA) pada siklus pendapatan merupakan hal yang dikaji dalam artikel ini. 

Pengendalian Sistem Informasi Akuntansi berbasis komputer merupakan suatu pemeriksaan mulai dari input sampai dengan output. Dengan pemeriksaan sebagai berikut: Output diperiksa apakah Financial Report/output lainnya sesuai dengan standar yang ada. Proses pada Sistem Informasi Akuntansi berbasis komputer diperiksa apakah pemrograman menjamin kecepatan, ketelitian dan relevansi suatu informasi. Pemeriksaan dilakukan pada input yang dimasukkan tersebut valid atau tidak dan sesuai dengan ouput atau tidak. Audit Sistem Informasi Akuntansi berbasis komputer mempunyai peranan dalam Penyajian Financial Report. Sehingga Financial Report dapat dijadikan informasi bagi pihak intern maupun ekstern dan juga merupakan dasar pengambilan keputusan secara tepat. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-11
How to Cite
suhardiyah, martha. (2018). PENGENDALIAN INTERN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA SIKLUS PENDAPATAN BERBASIS KOMPUTER DALAM ENTITAS USAHA. Majalah Ekonomi, 14(1). Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/1378
Section
Artikel