PERSEPSI MANAJEMEN SENTRA INDUSTRI KECIL JAWA TIMUR DALAM MENYIKAPI KETIDAKPASTIAN PERILAKU KONSUMEN DAN SISTEM AKUNTANSI UNTUK MEMPEROLEH LABA

 Abstract views: 37 ,  downloads: 18
  • untung lasiyono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen yang melakukan 

penganalisisan atas Sistem Akuntansi Manajemen, Ketidakpastian Perilaku Konsumen pada Sentra Industri Kecil di Wilayah Jawa Timur. Penelitian yang dilakukan ini termasuk studi diskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang ingin mengetahui bagaimana manajemen Sentra Industri Kecil menyikapi dan menerapkan sistem akuntansi manajemen dan perilaku konsumen. 
Sebagai populasi penelitian adalah Sentra Industri Kecil di Wilayah Jawa Timur sedangkan sample penelitianya adalah Sentra Industri Kecil di Wilayah Jombang dan Kediri, yang metode penentuan sample menggunakan stratified random sampling. Sedangkan metode pengumpulan data peneliti menggunakan kuesener dan dokumentasi dan analisis datanya menggunakan SPSS (Statistic Program for Social Sience). 
Berdasarkan basil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : (1) Hasil pengujian hipotesis pertama dengan menggunakan analisis regresi linier berganda diperoleh nilai R = 0.645 atau 64,5 %, menunjukkan hubungan yang cukup tinggi dan mempunyai hubungan yang search, secara simultan diperoleh nilai F hitting = 7.118 dan nilai F (law) = 2.58, berarti Fhitung > Mabel. Hal ini berarti 110 "ditolak" clan Ila "cliferima". (2) Hasil pengujian hipotesis kedua secara parsial yang dilakukan secara berturut-turut dimulai dari Pengendalian Akuntansi Harta (Xi) diperoleh nilai t muffle, = 4.209 dan t- label = 1.684 atau t hitting > t table. Hal ini berarti Ha "diterima", Pengendalian Akuntansi Hutang (X2) diperoleh nilai t hitung = 4.889 dan t- label = 1.684 atau t hitung > t table hal ini berarti Ha "diterima", Pengendalian Akuntansi Modal (X3) nilai t hitung = 3.479 dan t- Label = 1.684 atau t hitung > t Label. hal ini berarti Ha "diterima", Ketidakpastian Ketidakpastian Perilaku Konsumen (X4), diperoleh nilai t hitung = 3.024 dan t Label =1.684 atau t hitung > t label. hal ini berarti Ha "diterima" . (3) Dari hasil perhitungan nilai t hitung tertinggi uji regresi secara parsial didapat nilai t hitung secara berturut-turut dimulai dari Pengendalian Akuntansi Hutang sebesar t = 4.889, Pengendalian Akuntansi Harta sebesar t = 4.209, Pengendalian Akuntansi Modal sebesar 3.479, dan Ketidakpastian Perilaku Konsumen sebesar t = 3.024, Hal ini menunjukkan bahwa secara parsial berturut-turut factor yang paling "dominan" mempengaruhi Perolehan Laba Usaha adalah factor "Pengendalian Akuntansi Hutang". 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-11
How to Cite
lasiyono, untung. (2018). PERSEPSI MANAJEMEN SENTRA INDUSTRI KECIL JAWA TIMUR DALAM MENYIKAPI KETIDAKPASTIAN PERILAKU KONSUMEN DAN SISTEM AKUNTANSI UNTUK MEMPEROLEH LABA. Majalah Ekonomi, 14(1). Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/1385
Section
Artikel