ANALISIS MANAJEMEN LABA SEBELUM DAN SETELAH MERGER DAN AKUISISI PADA PERUSAHAAN PENGAKUISISI (STUDI PADA PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA)

 Abstract views: 123 ,  downloads: 54
  • sugijanto sugijanto Dosen Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati apakah terjadi penerapan manajemen laba oleh perusahaan pengakuisi pada satu periode sebelum, pada satu periode setelah dan pada dua periode setelah melakukan penguniuman merger dan akuisisi. Penerapan manajemen laba dalam penelitian ini diukur dengan proksi discretionary accruals. Penggunaan discretionary accruals dimana accruals menunjukkan instrumen-instrumen yang mendukung adanya manajemen laba. 

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang melakukan pengumuman merger dan akuisisi antara periode 2001-2007. Sampel penelitian sebanyak 22 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria penetapan sampel setelah pengumuman dan 21 perusahaan pada satu periode sebelum pengumuman merger dan akuisisi. 
Hasil pengujian dengan model Jones, dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi adanya penerapan manajemen laba pada perusahaan pengakuisisi pada saat satu periode sebelum merger dan akuisisi, pada saat satu periode setelah merger dan akuisisi, maupun pada saat dua periode setelah merger dan akuisisi. Menggunakan model indeks eckel memberikan kemungkinan bentuk manajemen laba pada perataan laba. 
Penelitian ini menunjukkan bahwa sampel dikategorikan sebagai perusahaan besar tentunya akan mendapat lebih banyak perhat ian berbagai pihak dan adanya kebij ikan manajemen yang menekankan arti penting etika dan pelaksanaan tats kelola perusahaan yang baik, sehingga memaksa manajemen akan berhati-hati dalam mengelola dan menjalankan operasi perusahaan dimasa akan datang dan terus menerus. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-11
How to Cite
sugijanto, sugijanto. (2018). ANALISIS MANAJEMEN LABA SEBELUM DAN SETELAH MERGER DAN AKUISISI PADA PERUSAHAAN PENGAKUISISI (STUDI PADA PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA). Majalah Ekonomi, 12(1). Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/1403
Section
Artikel