PENGARUH PROFIL WIRAUSAHAWAN DAN PERENCANAAN USAHA TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PELAKU USAHA DI KANTIN UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

 Abstract views: 154 ,  downloads: 155
  • tony susilo wibowo Dosen Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan usaha yang banyak dilakukan oleh para pelaku usaha pemula, yang sudah terbukti tahan terhadap krisis ekonomi, oleh karenanya memerlukan dukungan dari pemerintah dari sisi permodalan dan pengelolaan usaha khususnya dalam menghadapi era MEA. Penelitian ini menggunakan variabel bebas profil wirausahawan yang merupakan modal utama untuk berwirausaha serta perencanaan usaha yang merupakan sebuah langkah awal dalam berwirausaha yang dikaitkan dengan variabel tak bebas volume penjualan, dimana volume tersebut akan menggambarkan perkembangan usaha. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan dan mengetahui pengaruh profil wirausahawan dan perencanaan usaha terhadap volume penjualan yang dilakukan pada pelaku usaha di kantin Unipa Surabaya. Analisis menggunakan regresi linier multipel dengan sampel jenuh, yaitu semua pelaku usaha. Hasil dari pengujian yang dilakukan, yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji deskriptif dan uji regresi, diketahui bahwa profil wirausahawan dan perencanaan usaha mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan dengan nilai sebesar 60,3%, sehingga dapat disimpulkan bahwa profil wirausahawan dan perencanaan memegang peranan penting dalam keberlanjutan usaha meski dalam lingkup usaha mikro kecil dan menengah. Kata kunci: profil wirausahawan, perencanaan usaha, volume penjualan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ciputra, 2009. Ciputra Quantum Leap. Jakarta, Elex Media Komputindo.

Freddy Rangkuti, 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hardeep Kaur dan Anupama Bains, 2013. Understanding The Concept Of Entrepreneur Competency, Journal of Business Management & Social Sciences Research Volume 2 No 1, November 2013. p31-33.

Jose Saches. 2012, The Influence Of Entrepreneurial Competencies on Small FirmPerformance, Revista Latinoamericana de Psicología, Volume 44 No 2, 2012 p165-177.

Ismail Solihin, 2012. Manajemen Strategik. Jakarta: Erlangga.

Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz, 2006. Kewirausahaan, Metode, Manajemen dan Implementasi. Yogyakarta: BPFE.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, 2004. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi 12, Jakarta:Indeks Grup Gramedia.

Sobarsa Kosasih, 2009. Manajemen Operasi Bagian Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Stephen P Robbins & Mary Coulter, 2004. Manajemen, Jakarta: Indeks Grup Gramedia.

Suryana, 2006. Kewirausahaan. Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta:Salemba Empat.

Published
2016-11-25
How to Cite
wibowo, tony susilo. (2016). PENGARUH PROFIL WIRAUSAHAWAN DAN PERENCANAAN USAHA TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PELAKU USAHA DI KANTIN UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA. Majalah Ekonomi, 21(1 Juli), 31. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/269
Section
Artikel