Analisis Tingkat Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Model Kano dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Pada Rumah Makan Mie Setan)

 Abstract views: 198 ,  downloads: 355
  • sugijanto sugijanto Dosen Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

ABSTRAK

Pertumbuhan rumah makan (kuliner) semakin hari semakin tumbuh banyak tentunya persaingan semakin ketat, melihat kondisi semacam ini supaya usaha dapat berjalan terus maka pengelola rumah makan hendaknya memperhatikan akan kepentingan dan apa yang diinginkan oleh konsumen sehingga dapat mempengaruhi konsumen untuk menikmati kembali makanan, tidak hanya pada keunikan nama dan rasa saja. Tingkat Kualitas layanan atau jasa yang diberikan oleh pengelola dapat menimbulkan rasa kepuasan konsumen hal ini yang perlu diperhatikan oleh pengelola sehingga dapat bersaing dengan kompetitor lain.

Penelitian ini dilakukan pada rumah makan mie setan yang berada di kota Surabaya tepatnya di jalan Kacapiring nomer 14 Surabaya. Metode yang digunakan yaitu metode kano dan Importance Performance Analysis (IPA) yang dapat membantu dan menentukan program prioritas utama dalam upaya meningkatkan kepuasan konsumen terhadap tingkat pelayanan yang diberikan oleh pengelola.

 

Kata Kunci: Tingkat Layanan; Kepuasan Pelanggan; Model Kano dan Importance Performance Analysis (IPA)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basrah Saidani dan Samsul Arifin, 2012, Pengaruh Kulaitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Pada Ranch Market, Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI),Vol. 3, No. 1.

Christina Menuk S, 2013 , Karakteristik Pedagang Kaki Lima di  Surabaya  , Majalah Ekonomi ( Telaah manajemen, Akuntansi dan Bisnis ), Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Adibuana Surabaya , Vol XVII  No : 2  Desember  2013 .

Dwi aryani dan Febrina Rosinta, 2010,Pengaruh Kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan, Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Vol. 17 No. 2, ISSN 0854-3844, FISIP Universitas Indonesia.

Hendy Tannady dan Riky Mulyadi, 2014, Pengukuran Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Kano (Studi Kasus: Restauran Cepat Saji McDonald), SNTI IV-2014 ISSN: 2355-925X, Vol. 1 Nomor 1, Universitas Trisakti.

J.Paul Peter dan Jerry C. Olson, 2014, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran; Edisi 9, Buku 2, Salemba Empat, Jakarta.

Kriswanto Widiawan, 2004, Pemetaan preferensi konsumen supermarket dengan metode kano berdasarkan dimensi servqual, Jurnal Teknik Industri, Vol. 6 No. 1, Fakultas Teknologi Industri Universitas Kristen Petra.

Lopiyoadi Rambat dan Hamdani, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, edisi kedua, Penerbit : Salemba Empat, Jakarta.

Melfa Yola dan Duwi Budianto, 2013, Analisis Kepuasaan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk Pada Supermarket Dengan Menggunakan Metode Importance Performace Anaysis (IPA), Jurnal Optimasi Sistem Industri (JOSI), Vol. 12 No.12, 301-309.

Nia Budi Puspita, Hery Suliantoro dan Laila Kusumawardani, 2010, Analisis kualitas pelayanan dengan menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan Model Kano (Studi kasus di PT. Perusahaan air minum Lyonnaise Jaya Jakarta, J@tiundip, Vol. V No. 1.

Shandy Widjoyo Putro, Hartane dkk, 2014, Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen restoran HAPPY GARDEN Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 2 No.1, Universitas Kristen Petra.

Supranto J., 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk menaikkan Pangsa Pasar, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Tiena G. Amran dan  Ponti Ekadeputra, 2012, Pengukuran Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Kano dan Root Cause Analysis (Studi Kasus PLN Tangerang), Jurnal Teknik Industri ISSN:1411-6340, Universitas Trisakti, Volume 2 Nomor 2.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorious dan Adriana, Dedi, 2008. Pemasaran Strategik, Yogyakarta: Andi Offset.

Wijaya Tony, 2011, Manajemen Kualitas Jasa, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : Ikdeks, Jakarta


 

Published
2016-11-25
How to Cite
sugijanto, sugijanto. (2016). Analisis Tingkat Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Model Kano dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Pada Rumah Makan Mie Setan). Majalah Ekonomi, 21(1 Juli), 63. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/320
Section
Artikel