ANALISIS STRATEGI PADA AKTIVITAS E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN SPILLA JEWELRY DI ERA NEW WAVE MARKETING

 Abstract views: 155 ,  downloads: 76 downloads: 75
  • SUTAMA WISNU DYATMIKA Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Penduduk Indonesia yang berjumlah 255.461.124 jiwa memiliki keleluasaan dalam berinteraksi di dunia maya. Sebanyak 83,6 juta jiwa penduduk selalu terkoneksi dengan internet. Jumlah tersebut mengalami penetrasi sebesar 33% atau menduduki peringkat 6 diseluruh dunia. Spilla Jewelry (www.spillasilver.com) sebagai toko online pada bidang cincin kawin selalu berupaya menerapkan strategi marketing terbaru. Skema dalam penelitian ini secara keseluruhan dilakukan untuk menentukan rencana pertumbuhan serta strategi pemasaran e-commerce pada Spilla Jewelry. Setelah itu dilakukan analisis yang dirancang dengan berlandaskan konsep New Wave Marketing. Jenis kelamin pelanggan Spilla Jewelry 63% adalah wanita. Sebaran usia pelangan 70% berada di kisaran 25-30 tahun. Sebanyak 40% pelanggan mengetahui informasi dari search engine di internet. Before and after sales untuk existing customers selalu dijaga. Potential customers didapat dengan strategi below the line. Strategi New Wave Marketing: Communitization (facebook fan page), Confirmation (terbangunnya relevansi values), Clarification (mendapatkan rating 4,1 dari 5 dan telah direview 4.200orang). Crowd Combo (Co-creation, Currency, Communal Activation, Conversation). Pelanggan Spilla Jewelry merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan karena mereka mendapatkan servis dengan sempurna. Strategi anti mainstream seperti pemasaran below the line terus dilakukan. New wave marketing yang dilakukan Spilla Jewelry cukup efektif, terbukti dengan jumlah likers facebook fans page berjumlah 392,260 orang dan follower instagram berjumlah 1.700 follower. Langkah taktis pada strategi Crowd Combo telah berjalan cukup baik.

 

Kata Kunci: E-commerce, Strategi New Wave Marketing

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

SUTAMA WISNU DYATMIKA, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Staff Pengajar Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Adi Buana Surabaya

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2015. Profil Pengguna Internet Indonesia 2014. Jakarta: APJII

Botha J. & Bothma, C. 2008. Managing E-Commerce in Business. 2nd Edition. Cape Town: Juta

Freedman, M. & Tregoe, B. 2004. The Art and Discipline of Strategic Leadership: Pemikiran Strategis untuk Merealisasikan Visi Organisasi. Jakarta: Gramedia

Gunawan, Annetta. 2014. Analisis Strategi Dan Taktik Pemasaran Dalam Aktivitas E-Commerce untuk Meningkatkan Pertumbuhan PT Golden Rama Express. Journal The WINNERS, Vol. 15 No. 1, Maret 2014: 61-71

Handayani SB. & Martini Ida.2014. Model Pemasaran Di Era New Wave Marketing. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi STIE Dharma Putra, No. 36 / Th. XXI / April 2014

Indonesia Central Statistic Bureau (BPS). https://www.bps.go.id/ (diakses pada 11 Juni 2016: 16.00 WIB)

Kartajaya, H. & Darwin, W. 2010. Connect!. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kartajaya, H. 2009. New Wave Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kerlinger. 2006. Asas-Asas   Penelitian   Behavioral.   Yogyakarta:   Gadjah   Mada University Press

Seybold, P. & Marshak, R. T. 1998. Customers.com Classic: How to Create A Profitable Business Strategy for The Internet and Beyond. Boston: Customers.com Press

Spilla Jewelry. www.spillasilver.com (diakses pada 10 Juni 2016: 23.00 WIB)

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Published
2016-11-25
How to Cite
DYATMIKA, S. W. (2016). ANALISIS STRATEGI PADA AKTIVITAS E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN SPILLA JEWELRY DI ERA NEW WAVE MARKETING. Majalah Ekonomi, 21(1 Juli), 119. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/347
Section
Artikel