KEPUASAN PEMBELANJA SUPERMARKET YANG DIPENGARUHI MOTIF BELANJA HEDONIK DAN UTILITARIAN MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

 Abstract views: 130 ,  downloads: 135
  • yuni sukamdani dosen universitas PGRI adi bunana surabaya
  • Teguh Purwanto dosen universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Abstrak Studi ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis kepuasan pembelanja supermarket yang dipengaruhi motif belanja hedonik dan utilitarian mahasiswa universitas PGRI adi buana Surabaya. Studi ini menggunakan variabel bebas yaitu motif belanja hedonik dan utilitarian, serta variabel terikat kepuasan pembelanja. Studi ini termasuk dalam jenis penelitian survei yang digunakan untuk maksud penjelasan atau confirmatory, atau disebut juga penelitian untuk pengujian hipotesis yaitu untuk menjelaskan pengaruh antar variabel atau hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesis. Sampel dari studi ini berjumlah 120 responden yang terdiri atas Mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya sebagai pembelanja supermarket di Surabaya. Teknik pengambilan sampel pada studi ini dilakukan dengan metode accidental sampling. Data diperoleh melalui penyebaran dan pengumpulan kembali kuesioner dan kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi kepuasan pembelanja supermarket yang dipengaruhi motif belanja hedonik dan utilitarian mahasiswa universitas PGRI Adi Buana Surabaya dan mengetahui bagaimana persepsi responden terhadap kepuasan pembelanja supermarket yang dipengaruhi motif belanja hedonik dan utilitarian mahasiswa universitas PGRI Adi Buana Surabaya diperoleh melalui penelitian dengan membuat rancangan model. Model hubungan antar variabel yang diteliti menghasilkan motif belanja hedonik dan utilitarian yang memiliki hubungan penting terhadap kepuasan pembelanja. Hasil studi ini juga memiliki arti penting khususnya bagi motif belanja hedonik dan utilitarian agar kepuasan pembelanja mahasiswa universitas PGRI Adi Buana Surabaya optimal. Kata Kunci: Motif Belanja Hedonik, Motif Belanja Utilitarian Dan Kepuasan Pembelanja

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnold, MJ and Reynold, KE., 2003. Hedonic shopping motivations. Journal of retailing, vol. 79:77-95.

Baker J., Grewal D., and Parasuraman, 1994. The influence of store environment on quality inferences and store image. Journal of the academy of marketing science, vol. 22(4): 328-339.

Ferdinand, Augusty. 2002. Structural Equation Modeling. Semarang: Dalam Penelitian Manajemen BPUNIP.

Flore an Marie and Kim, Jihyun, 2007. An integrative framework capturing experiental and utilitarian shopping experience. International journal of retailing and management, vol. 35: 421-442.

Subagio, Hartono, 2011. Pengaruh atribut, motif belanja hedonik dan motif belanja utilitarian terhadap loyalitas pembelanja sepermarket dengan aspek pendapatan sebagai variabel moderator. Disertasi Program Pascasarjana Unair Surabaya.

Kim, Hye sin, 2006. Using hedonic and utilitarin motivations to profile inner city consumers. Journal of shopping centre research. Vol. 13:58-78.

Kotler, Philip and Armstrong, 2006. Marketing Management. Eleven edition, USA: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip and Keller, Kevin, 2006. Marketing management. 237, 12th USA: Pearson Prentice Hall.

Mehrabain A., and Russel, 1974. An approach to environmental psychology. In Fisher, Feffrey D., Paul A., Bell, and Andrew Baum 1984. Environmental Psychology, 2nd New York: Holt, Rinchart and Winston.

Nguyen Trang. T.M., Hguyen Tho D., and Barret J. Nigel. 2007. Hedonic shopping motivation, supermarket atributes, and shopper loyalty in transitional market. Asia Pasific of Journal Marketing.

Singh, Renu, 2006. An impirical investigation into the effect of shopping motivation on store environment value relationship, desertation. The florida state university: USA.

Zeitham, Valery and Bitner M.J. 2000. Service marketing: 1st edition, New York: the Mcgraw Hill Company Inc.

Published
2016-12-31
How to Cite
sukamdani, yuni, & Purwanto, T. (2016). KEPUASAN PEMBELANJA SUPERMARKET YANG DIPENGARUHI MOTIF BELANJA HEDONIK DAN UTILITARIAN MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA. Majalah Ekonomi, 21(2 Desember), 264-274. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/408
Section
Artikel