ANALISIS SEGMENTASI PASAR BERDASARKAN KARAKTERISTIK PERILAKU NASABAH PENGAMBIL KREDIT PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) CITRA ABADI DI BABAT LAMONGAN

 Abstract views: 268 ,  downloads: 472
  • I Made Bagus Dwiarta Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sugijanto Sugijanto

Abstract

Abstrak

            Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik perilaku nasabah dan segmentasi pasar pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Citra Abadi. Populasi sebanyak 516 nasabah yang mengambil kredit dan sampel yang diambil sebanyak 220 orang responden.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa cluster yaitu suatu prosedur multivariate untuk mengelompokkan individu-individu ke dalam cluster-cluster berdasarkan karakteristik tertentu.Sedangkan metode pengelompokan dilakukan dengan metode Average Linkage yaitu jarak rata-rata seorang responden terhadap sebuah cluster mencerminkan rata-rata kesamaan (average similarities ) terhadap mereka yang sudah berada lebih dahulu dalam sebuah cluster.

         Sebagaimana hasil perhitungan melalui program SPSS didapatakan jumlah anggota untuk masing-masing cluster. Dalam hal ini semua responden terdistribusikan ke dalam masing-masing cluster. Dari 220 orang responden terdistribusikan pada cluster 1 berisi 122 orang responden sedang cluster 2 berisi 98 orang responden , maka dapat dianggap bahwa:

      1. Presentase cluster 1 = 122/220 x 100% = 55,45%
      2. Presentase cluster 2 = 98/220 x 100% = 44,54%

Dari hasil diatas dapat dianggap bahwa nasabah pengambil kredit di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Citra Abadi kebanyakan di cluster 1 selisihnya tidak signifikan dengan cluster 2 , sehingga pihak manajemen harus lebih berfokus untuk melayani cluster 1 dan 2.

 

Kata kunci : Segmen pasar dan karakteristik perilaku

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I Made Bagus Dwiarta, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Progdi Manajemen Asisten Ahli

References

Amirullah , 2010 , ” Perilaku Konsumen “ , Edisi Pertama , Penerbit Graha Ilmu Yogyakarta.

Basu Swasta dan T. Hani Handoko , 2010, “ Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen “ , Penerbit BPFE , Yogyakarta .

Basu Swasta DH , 2007, “ Azas-Azas Marketing “ , Edisi Ketiga , Penerbit Liberty , Yogyakarta.

Buchori Alma ,2013 ,” Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa” , Penerbit Alfabeta , Bandung.

Kasali , Renald , 2014 ,” Membidik Pasar Indonesia “ , Gramedia , Jakarta.

M .Suparmoko ,Drs.MA.,Ph.D.,1995 ,”Metode Penelitian Praktis (Untuk Ilmu-Ilmu Sosial dan Ekonomi)”,Edisi Ketiga , Penerbit BPFE UGM ,Yogyakarta.

Philip Kotler , 2002,”Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Implentasi dan Pengendalian”,Edisi Bahasa Indonesia , Penerbit PT.Prenhallindo, Jakarta.

Published
2016-12-31
How to Cite
Dwiarta, I. M. B., & Sugijanto, S. (2016). ANALISIS SEGMENTASI PASAR BERDASARKAN KARAKTERISTIK PERILAKU NASABAH PENGAMBIL KREDIT PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) CITRA ABADI DI BABAT LAMONGAN. Majalah Ekonomi, 21(2 Desember), 295-303. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/419
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)