PERAN UANG DALAM SISTEM MONETER ISLAM

 Abstract views: 1990 ,  downloads: 5251
  • aji prasetyo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Uang sebagai alat tukar banyak menghilangkan kesulitan yang terdapat dalam sistem barter. Barter hanya bisa dilakukan oleh dua belah pihak yang sama-sama membutuhkan barang yang ditukarkan. Namun, dengan adanya uang sebagai alat tukar yang diakui seluruh masyarakat, maka dapat menjadi alat tukar untuk berbagai keperluan oleh banyak pihak. Islam memandang uang hanyalah sebagai alat tukar, bukan komoditas atau barang dagangan. Uang adalah flow concept, karenanya harus selalu berputar dalam perekonomian. Islam tidak mengenal konsep time value of money sebagaimana dikenal dalam konsep uang konvensional. Dalam konsep ekonomi Islam selanjutnya, uang dikatakan milik masyarakat (money is public goods). Karena sebagai milik umum, maka uang harus dapat digunakan masyarakat tanpa ada hambatan dari orang lain. Sistem moneter dalam ekonomi Islam harus mendukung terhadap fungsi uang sebagai alat tukar dan menghindarkan dari terjadinya penumpukan uang. Sistem moneter pada dasarnya merupakan bagian dari kebijakan ekonomi makro suatu negara dengan usaha mengendalikan keadaan ekonomi makro agar dapat berjalan secara baik melalui pengaturan jumlah uang beredar. Kata Kunci: Uang, Sistem Moneter, Ekonomi Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, Amri. “Redenominasi Rupiah dan Sistem Keuangan†dalam https://amriamir.wordpress.com/2013/01/22/176/, diakses 17 Juli 2016.

Antonio, Syafi’i. Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani, 2001.

Ascarya, Kertas kerja PPSK Bank Indonesia, “Optimalisasi Sistem Moneter Ganda di Indonesiaâ€, 2007.

Ascarya, et. al., Perilaku Permintaan Uang dalam Sistem Moneter Ganda di Indonesia, Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, Juli 2008.

Chapra, Umar. Sistem Moneter Islam. Jakarta: Gema Insani Press, 2000.

Kahf, Monzer. Ekonomi Islam, Telaah Analitik terhadap Fungsi Sistem Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Nawawi, Ismail. Ekonomi Islam. Jakarta: VivPress, 2015.

. Ekonomi Moneter Perspektif Islam. Jakarta: VivPress, 2013.

Rahardja, Prathama dan Mandala Manurung. Teori Ekonomi Makro Suatu Pengantar. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2004.

Soekarno, Winoto. “Uang dan Kebijakan Moneter dalam Ekonomi Islam (Bercermin Dari Kerentanan Sistem Moneter Kapitalis)†dalam amikom.ac.id/research/index.php/JM/article/view/663, diakses 17 Maret 2016.

Takiddin, Uang dalam Perspektif Ekonomi Islam, Salam: Jurnal Filsafat dan Budaya Hukum, UIN Jakarta, 2014.

Published
2017-07-11
How to Cite
prasetyo, aji. (2017). PERAN UANG DALAM SISTEM MONETER ISLAM. Majalah Ekonomi, 22(1 Juli), 104-110. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/649
Section
Artikel