PENGEMBANGAN RANCANGAN SISTEM AKUTANSI PENGADAAN BAHAN MAKANAN UNTUK EFISIENSI DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PADA RUMAH SAKIT MITRA KELUARGA SIDOARJO

 Abstract views: 225 ,  downloads: 0
  • Khafi Dyah Rochmatillah
  • Martha Suhardiyah

Abstract

Sistem Informasi Akuntansi adalah suatu kesatuan struktur interaksi komponen-komponen yang terdiri dari manusia, prosedur, data, software dan teknologi informasi yang bertugas mengubah data menjadi informasi akuntansi dimana informasi akuntansi ini dapat berguna dalam pengambilan keputusan bagi pihak internal maupun eksternal perusahaan, dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Rumah Sakit Mitra Keluarga memiliki beberapa fasilitas kesehatan yang dipelakukan oleh beberapa unit kerja/instalasi. Setiap instalasi memiliki sistem kerja yang berbeda satu dengan lainnya. Salah satunya adalah fasilitas instalasi gizi. Fasilitas ini mempunyai peranan yang penting dalam penyediaaan makanan sehat bagi pasien. Makanan yang sehat dan seimbang gizinya merupakan hal pokok dalam upaya penyembuhan/ pemulihan pasien, unit ini memegang peranan penting dalam pelayanan kepada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk m erekomendasikan pengembangan merancang sistem informasi akuntansi pengadaan bahan makanan untuk efisiensi sistem pengendalian intern yang tepat pada gudang Gizi di RS.Mitra Keluarga agar dapat meningkatkan kepuasan pelayanan kepada pasien, terkait dengan Struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional, prosedur pencatatan, dan Praktik yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi pada unit organisasi dapat tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bin Ladjamudin; 2005:39, Analisis dan Desain Sistem Informasi.

Cahyo Wahyu Nugroho, 2010, Evaluasi Sistem Informasi Akutansi Pengadaan Obat-Obatan, Tugas Akhir, Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Faulia Syafrina, 2008, Akutansi persediaan pada PT.Trakindo Utama Sumatera Area, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

Ferdian, 2010, Perancangan Sistem Informasi Akutansi ,Tugas Akhir, Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Josep W. Wilkinson, 2001, Sistem Informasi Akutansi, Erlangga Jakarta

Hall, J.A. 2001. Sistem Informasi Akuntansi-Edisi 3. Jakarta:Salemba Empat.

Krismiaji, 2002, Sistem Informasi Akuntansi,UPP AMP YKPN, Yogyakarta

Marshall B. Romney, Paul Jhon Steinbart, 2005, Accounting information system, Penerbit Salemba Empat Jakarta.

Mulyadi, 2008, Sistem Akutansi, Edisi Ketiga, Cetakan Ke 4, Jakarta, Salemba Empat

Nugroho Widjajanto, 2001, Sistem Informasi Akutansi, Erlangga Jakarta

Rini Kurniawati, 2011, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akutansi Toko Barokah Maguwoharjo, Skripsi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer AMIKOM Yogyakarta.

Rusdiana Kusuma Wardani, 2010, Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Pembelian Dan Persediaan Instalasi Gizi Rumah Sakit Nirmala Suri, TugasAkhir, Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sugeng Suhariyadi, 2011, Analisis Sistem Akutansi Pembelian Barang Farmasi Di Rumah sakit Umum Haji Surabaya, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Adi Buana Surabaya.

Widya Tamodia, 2013, Evaluasi Penerapan Sistem Pengendalian Intern Untuk Persediaan Barang Dagangan Pada PT. Laris Manis Utama Cabang Manado, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Sam Ratulangi Manado

Zaki Baridwan, 2008, Sistem Akutansi, Edisi Sembilan, BPFE Universitas Gajah Mada Jogjakarta.

http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/604/jbptunikompp-gdl-ridwanseti-30200.

Published
2016-11-25
How to Cite
Rochmatillah, K. D., & Suhardiyah, M. (2016). PENGEMBANGAN RANCANGAN SISTEM AKUTANSI PENGADAAN BAHAN MAKANAN UNTUK EFISIENSI DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PADA RUMAH SAKIT MITRA KELUARGA SIDOARJO. Majalah Ekonomi, 20(2 Desember), 203. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/71
Section
Artikel