VARIABEL BERPENGARUH TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI

 Abstract views: 156 ,  downloads: 59
  • Gita Desipradani

Abstract

Motivasi kerja sangat penting bagi seorang karyawan perusahaan, karena ketika seorang karyawan mempunyai motivasi yang baik akan berdampak pada baiknya kinerja karyawan. Ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan, antara lain adalah Faktor Prestasi, Pekerjaan, Tanggung Jawab dan Promosi Jabatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Faktor Prestasi, Pekerjaan, Tanggung Jawab dan Promosi Jabatan terhadap Motivasi Kerja Pegawai di PT. Mizan Media Utama Distre 3 Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di PT. Mizan Media Utama Distre 3 Surabaya, sementara sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan nilai F hitung 81,620 yang lebih besar dari F tabel 2,65 dengan tingkat signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari taraf nyata 0,05 yang berarti bahwa variabel bebas yang terdiri dari kompensasi, pekerjaan, tanggung jawab dan promosi jabatan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja pegawai. Keempat variabel bebas tersebut mempunyai hubungan yang kuat dengan yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,950 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,905. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel kompensasi (X1) memiliki nilai hasil uji t = 4,804 > 1,698, Pekerjaan (X2) memiliki nilai hasil uji t = 1,958 > 1,698, Tanggung Jawab (X3) memiliki nilai hasil uji t = 2,171 > 1,698, dan Promosi Jabatan (X4) memiliki nilai hasil uji t = 0,076 > 1,698 dengan tingkat signifikansi masing-masing kurang dari 0,05, kecuali untuk promosi jabatan mempunyai nilai signifikansi = 0,940. Hasil ini menunjukkan bahwa dari keempat variabel bebas yang diteliti, hanya promosi jabatan yang tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap motivasi kerja. Berdasarkan nilai beta sebesar 0,465 didapatkan bahwa dari keempat variabel bebas yang diteliti, variabel kompensasi mempunyai pengaruh yang dominan apabila dibandingkan dengan ketiga variabel bebas yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gomes, Faustino Cardoso. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Thoha, Miftah, 2003, Perilaku Organisasi : Konsep Dasar dan Aplikasinya, PT. Raja Grafindo Pustaka Utama, Jakarta.

Gibson, Ivancevich, Donnely, 2003, Komunikasi Penugasan, Penerbit Gunung Agung, Jakarta.

Nawawi, Hadari, 1997, Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi, University Press, Yogyakarta.

Tulus, Muh. Agus, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Robbins, Stephen P., 2003, Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi, Aplikasi, PT. Prehallindo, Jakarta.

Husnan, Suad, 2001, Manajemen : Pokok-pokok Pengertian dan Soal Jawab, Edisi Revisi, BPFE-UGM, Yogyakarta.

Nitisemito, Alex S., 2001, Manajemen Personalia, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Sugiyono, 2005, Metode Penelitian Bisnis, CV. Alfabeta, Bandung.

Ghozali, Imam. 2009, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Cetakan ke IV, Semarang : Badan Penerbit UNDIP.

Published
2016-11-25
How to Cite
Desipradani, G. (2016). VARIABEL BERPENGARUH TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI. Majalah Ekonomi, 20(2 Desember), 226. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/72
Section
Artikel