Pengaruh Harga, Tempat, Promosi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Pada Dealer Suzuki PT. Dwimitra Sejahtera Utama Sidoarjo

 Abstract views: 332 ,  downloads: 207
  • Siti Qomariyah
  • Christina Menuk Srihandayani

Abstract

Di era globalisasi banyak pelaku bisnis yang menginginkan kemajuan untuk bisnisnya. Setiap orang menginginkan bisnisnya menjadi berkembang pesat dan mampu menghadapi pesaing. Karena pesaing dianggap sebagai suatu ancaman besar. Oleh karena itu setiap pelaku bisnis perlu mengantisipasi pesaing dan mampu menarik perhatian konsumen. Deminkian halnya PT. Dwimitra Sejahtera Utama Sidoarjo sebagai Dealer Suzuki senantiasa berusaha untuk dapat bersaing dipasar. Berbagai promosi dilakukan untuk dapat menarik konsumen. Untuk itu dalam penelitian ini akan dikaji sejauh mana harga, tempat, promosi, dan pelayanan dapat mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor. Melalui 50 orang pembeli yang selanjutnya disebut sampel, didapatkan data dengan menggunakan kuisioner selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis regresi linier berganda yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji penyimpangan regresi dan uji hipotesis untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil analisis diperoleh persamaan Y = 11,878 - 0,181X1 + 0,352X2 + 0,370X3 + 0,145X4 dengan R sebesar 0,536 dan R2 sebesar 0,288. Hasil Uji F diperoleh F hitung = 4,547 dengan nilai sig. = 0,004 (0,004£ 0,05), maka Ho ditolak sehingga hipotesis pengujian yang berbunyi harga, tempat, promosi dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor pada dealer Suzuki PT. Dwimitra Sejahtera Utama Sidoarjo, dapat diterima. Hasil analisis juga didapatkan variabel bebas Harga (X1) berpengaruh dominan daripada variabel lain menunjukkan angka 0,300. Memperhatikan hasil tersebut maka manjemen Suzuki PT. Dwimitra Sejahtera Utama perlu senantiasa memperhatikan fluktuasi harga dengan membandingkan harga ditempat pesaing agar dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Disamping itu juga perlu memperhatikan faktor pertimbangan keputusan pembelian lainnya selain harga yaitu tempat, promosi dan pelayanan yang dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi V, Jakarta: Rineka Cipta.

------------------------, 2010, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi Cetakan 14, Jakarta: Rineka Cipta.

Arif Nursetiono, 2012, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Sepeda Motor Yamaha Metik di Kota Semarang , Skripsi , Fakutas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang.

Boyd, Harper W., 2000, Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global, Jakarta: Erlangga.

Guntur Adhi Putra, 2014, Analisis Faktor- faktor yang mempengaruhi Kepercayaan Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda ( studi pada mahasiswa FEB UMS), Skripsi,Fakultas Ekonoimi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta ,eprints.ums.ac.id.

Kotler, Philip., 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium Jakarta: Prenhallindo.

Kotler Philip, Kevin Lane Keller., 2008, Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas, Erlangga.

Lupiyoadi Rambat, A.Hamdani., 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat.

Mursid, M., 2003, Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Cetakan 3, Jakarta: Bumi Aksara.

Panji Arief Akbar, 2011, Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada dealer sepeda motor Honda di Kota Banjarnegara, eprints.undip.ac.id.

Ratminto, Atik Septi Winarsih, 2005, Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal, Cetakan I, Yogyakarta.

Sunyoto, Danang, 2013, Teori, Kuisioner, dan Analisis Data Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Cetakan Pertama.

Swastha, Basu DH, 2006, Manajemen Penjualan, Yogyakarta : Penerbit BPFE.

Tjiptono Fandy, 2002, Pemasaran Strategi, Edisi Kedua, Cetakan 6, Yogyakarta: Andi.

Usman Husaini, Purnomo Setyadi Akbar, 2003, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2016-11-25
How to Cite
Qomariyah, S., & Srihandayani, C. M. (2016). Pengaruh Harga, Tempat, Promosi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Pada Dealer Suzuki PT. Dwimitra Sejahtera Utama Sidoarjo. Majalah Ekonomi, 20(2 Desember), 245. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/74
Section
Artikel