KINERJA MANAJERIAL DENGAN METODE BALANCED SCORECARD

 Abstract views: 171 ,  downloads: 122
  • Yuli Kurnia Firdausia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja Rumah Sakit Royal Surabaya dengan menggunakan metode Balanced Scorecard merupakan metode pengukuran yang menitik beratkan empat perspektif yaitu perspektif keuangan,perspektif pelanggan,proses internal bisnis dan pembelajaran dan pertumbuhan. Penulis melakukan penelitian pada Rumah Sakit Royal Surabaya dengan mengambil data dari tahun 2011 sampai 2013 untuk menganalisis beberapa perspektif. Peneliti juga menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada kepada pasien dan karyawan dalam pengambilan sampel.Dari hasil yang telah dilakukan diketahui bahwa kinerja Rumah Sakit Royal Surabaya secara umum masih kurang, hal tersebut ditujukan dengan hasil analisis dari masing-masing perspektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Balanced scorecard merupakan metode pengukuran kinerja yang sangat baik digunakan karena Baanced scorecard mengangkat aspek-aspek penting yang diabaikan oleh pengukuran secara tradisional. Hasil pengukuran yang akurat akan memberikan gambaran keputusan yang baik kepada manajemen dalam hal merencanakan,pengambilan keputusan untuk mewujudkan suatu visi dan misi suatu organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Citra Larashati Surya. 2012. Analisis Pengukuran Kinerja Manajerial Pada Rumah Sakit Umum Daerah Pamekasan Dengan Metode Balanced Scorecard. Tesis. UPN “Veteran†Surabaya.

Gede Menari Yasa, I Wayan Suwendra (2012) mengenai Pengukuran Kinerja dengan konsep Balanced Scorecard pada Rumah Sakit Umum Parama Sidhi Singaraja.

Kaplan Robert S. dan David P. Norton.2000. Balanced Scorecard Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Terjemahan, Jakarta : Erlangga.

Keputusan mentri kesehatan RI nomor 828/menkes/sk/IX/2008 tentang petunjuk teknis standar pelayanan minimal dibidang kesehatan dikabupaten/kota.2008.

Nizar Alif Utama (2012) mengenai Analisis Pengukuran Kinerja pada Rumah Sakit RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojosari Dengan Pendekatan Metode Balanced Scorecard. Novi Eka Rahmawati (2011) mengenai Pengaruh Penerapan Balanced Scorecard Terhadap Kinerja Manajerial pada Rumah Sakit Islam Surakarta.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 119/PMK.05.2007.

Rahardian W, (2012). Mengenai Analisis Kinerja RSUD Iskak Tulungagung dengan metode Balanced Scorecard.

Riduwan. 2003. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Yuwono, Sony, 2002. Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard :Menuju Organisasi Yang Berfokus Pada Strategi, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama

Published
2016-11-25
How to Cite
Firdausia, Y. K. (2016). KINERJA MANAJERIAL DENGAN METODE BALANCED SCORECARD. Majalah Ekonomi, 20(2 Desember), 260. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/75
Section
Artikel