PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PERUSAHAAN MELEWATI VARIABEL ANGGARAN MEMADAI, KOMPENSASI, DAN JOB RELEVANT INFORMATION (JRI) DI CV. PUTRA BOROBUDUR SIDOARJO

 Abstract views: 168 ,  
  • Bayuadi Bayuadi

Abstract

Keakuratan anggaran di harapkan mampu meningkatkan kinerja manajerial di dalam suatu perusahaan, dalam hal ini herman (2007) mengemukakan bahwa karyawan merupakan salah satu pilar utama dalam meningkatkan kemampuan perusahaan untuk mengimplementasikan berbagai strategi bisnisnya yang tentunya di dukung oleh kecukupan anggaran yang di gunakan sehingga mendapatkan Job relevant Information yang memadai sehingga informasi yang di dapat menjadi efektif. Sedangkan dalam hal ini pula Grace (2006) mengemukakan Salah satu Pengguna Anggaran adalah hal yang paling diinginkan oleh karyawan adalah Kompensasi yang merupakan hal kompleks karena di dalamnya melibatkan dasar kelayakan, logika, rasional, kepuasan kerja yang memadai serta dapat dipertanggung jawabkan karena menyangkut faktor emosional dari karyawan yang menggunakan anggaran. Dengan demikian, dalam hal ini Singodimejo dan Nusron dalam Mesra (2008), berpendapat "Pemberian untuk kompensasi yang memadai akan meredam sikap negatif para karyawan (manajer lini tengah), Sehingga Mereka akan dapat melakukan pekerjaan dengan baik serta mentaati segala peraturan yang berlaku, tidak pernah mangkir atau terlambat masuk kerja dan sebagainya. Henny (2008) menyatakan bahwa, Anggaran dengan memasukan kompensasi terhadap organisasional akan mempunyai dampak signifikan terhadap tingkat kepuasan kerja.†Hasibuan Mengemukakan bahwa Kepuasan kerja (job satisfaction) akan mengakibatkan melalui kecukupan anggaran serta akan menimbulkan Job relevan information sedangkan Hasibuan (2007) "Seseorang yang puas dengan pekerjaan secara otomatis akan berkomitmen terhadap pekerjaanya serta bekerja dengan penuh semangat, sedangkan dalam hal ini yayan (2008) mengemukakan bahwa kepuasan dapat diperolehnya dari pekerjaannya dan kepuasan kerja karyawan merupakan kunci pendorong kedisiplinan dan prestasi kerja karyawan dalam mendukung terwujudnya tujuan perusahaan." CV Putra Borobudur Sidoarjo sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi Batu Alam, untuk meningkatkan karyawan yang profesional serta produk yang berkualitas membutuhkan keefektifan Anggaran yang di tunjukan dalam prosentase sehingga dapat meningkatkan kualitas produk serta mendapatkan job relevan Information yang memadai. Penelitian ini menggunakan variable moderating yang di harapkan untuk memperbaiki kinerja perusahaan sehingga produktifitas serta kualitas dari produk akan meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri, 2009 kebijakan perusahaan moderasi. Edisi 4 . undip h 56-78. Semarang.

Bayu adi, 2006. Pengaruh SPT Pajak, Partisipasi Penyusunan Anggaran, dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja. J unipa Majalah Ekonomi h. 145-157.

Indriantoro, Nur 2000. An Empirical study of locus of control and cultural dimensions as moderating variable of the effect of partisipative Budgeting on Job Performance and satisfaction. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 15 (1): 98-111.

Kenis, Izzetin. 1979. Effects of Budgetary Goal charateristic on managerial Attitudes and performance. The Accounting Review : 706-720.

Marsudi, A.S. dan Imam Ghozali.2001. Pengaruh partisipasi penganggaran, Job Relevant Information ( JRI), dan Volatilitas Lingkungan terhadap kinerja Manajerial pada perusahaan Manufaktur di Indonesia, JAAi, 100-128.

Rosidi. 2000. Partisipasi dalam penganggaran dan prestasi manajer, pengaruh komitmen organisasi dan Informasi Job relevant. Jurnal Ekonomi dan Manajemen: 3-18.

Rumuksin, 2009. Menggunakan komitmen dan Alat kontrol sebagai pengurang kesenjangan sosial. J Ikatan Akuntan Indonesia. h 22-28.

Sayekti, F., LE Wijayanti, P. Iriana. 2002. Pengaruh Informasi, Job relevant dan Desentralisasi terhadap hubungan antara partisipasi Penyusunan Anggaran dan Kinerja Manajerial, Kompak. h 72 -84.

Stefani Lily, I, dkk. 2011. Pengaruh partisipasi dalam Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Perusahaan melalui kecukupan Anggaran, Komitmen Organisasi, Komitmen tujuan Anggaran, Job relevan Information (JRI). Seri kajian Ilmiah, Volume 14 nomor 1. h 55-65.

Suryani, Dkk. 2010. Pengaruh partisipasi dalam penyusunan anggaran dengan melewati faktor, job relevan Information sebagai variabel penghubung. J. IAI,2010 nomor 11 h 45-55.

Raharjo R, 2002 Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran terhadap kinerja pegawai dengan Anggaran yang memadai sebagai variabel moderating. h. 78-88.

Weiner. (2003), Management a strategic approach, 2nd edition, New Jersey, Prentice Hall. H 77-88.

Yayan, S, 2011. Kecukupan Anggaran sebagai motivasi, edisi Pertama. PT Alun. Yogyakarta. h 102-134.

Harsono, H. 2012. Pengaruh partisipasi penyusunan angggaran terhadap kinerja pegawai dengan kompensasi, job revan sebagai variabel moderating. h 56-72.

Ghozali, I, 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi ketiga. Univesitas Diponegoro. h 36-45.

Published
2015-07-02
How to Cite
Bayuadi, B. (2015). PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PERUSAHAAN MELEWATI VARIABEL ANGGARAN MEMADAI, KOMPENSASI, DAN JOB RELEVANT INFORMATION (JRI) DI CV. PUTRA BOROBUDUR SIDOARJO. Majalah Ekonomi, 20(1 Juli), 35. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/78
Section
Artikel