Peranan Kemampuan Sumber Daya Manusia dalam Berwirausaha

 Abstract views: 612 ,  downloads: 141
  • Tony Susilo Wibowo

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman bahwa kegiatan wirausaha juga memerlukan keterampilan dan keahlian. Keterampilan dan keahlian ini harus dimiliki oleh sumber daya manusia atau pelaku usaha itu. Lebih lanjut, pada kegiatan wirausaha selain modal finansial juga memerlukan modal keterampilan dan kemampuan berwirausaha yang dapat berbentu modal sosial, modal insani, modal intelektual, modal motivasi serta modal mental dan moral. Semua modal tersebut harus terdapat dalam seorang individu yang tercermin melalui karakter yang melekat pada pribadi. Karakter tersebut dapat sejatinya adalah nilai-nilai dan norma yang dimiliki masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu. Untuk membentuk karakter tersebut diperlukan upaya yang tidak mudah karena proses tersebut berusaha mengubah mindset atau cara berpikir seseorang. Akan tetapi proses tersebut dapat dilalui dengan cara pelatihan atau pembelajaran, meski cara lain juga dapat diterapkan, yaitu dari keluarga dan lingkungan. Proses pendidikan wirausaha yang berkarakter dapat dilakukan melalui proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi, yang kemudian hasil pembelajaran tersebut dievaluasi sehingga diketahui bentuk pengembangan kemampuan SDM dalam berwirausaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Casson, Mark. 2012. Entrepreneurship. Teori, jejaring, sejarah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ciputra. 2009. Ciputra Quantum Leap. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur, 2015, Materi Kuliah Umum Memulai Kegiatan Wirausaha, disampaikan pada kuliah umum Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. www.kbbi.web.id diakses pada tanggal 30 Juni 2015.

Machfoedz, Mas’ud, dan Machfoedz, Mahmud, 2006, Kewirausahaan, Metode, Manajemen dan Implementasi. Yogyakarta: BPFE.

Simamora, Henry. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi II. Yogyakarta: STIE YKPN.

Suryana, 2013. Kewirausahaan. Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

_______, 2006, Kewirausahaan, Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses, Jakarta, Salemba Empat.

Suryana, Yuyus dan Bayu, Kartib, 2013. Kewirausahaan. Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Universitas PGRI Adi Buana. 2015. Sinopsis: Pendidikan Kewirusahaan Yang Berkarakter. Surabaya: Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Adi Buana.

Published
2015-07-02
How to Cite
Wibowo, T. S. (2015). Peranan Kemampuan Sumber Daya Manusia dalam Berwirausaha. Majalah Ekonomi, 20(1 Juli), 63. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/80
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>