PENGARUH LOKASI, HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH SURODINAWAN GRANDSITE PADA PT.DWI MULYA JAYA MOJOKERTO

 Abstract views: 2601 ,  downloads: 2239
  • Heni Wijayanti
  • Christina Menuk Srihandayani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi, harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian rumah Surodinawan Grand Site di PT. Dwi Mulya Jaya Mojokerto. Populasi dalam penelitian ini adalah 110 orang konsumen, dengan menggunakan random sampling sampel ditentukan sebanyak 52 orang konsumen. Data dikumpulkan melalui kuesioner selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil analisis didapatkan nilai Fhitung sebesar 29.784 sig pada 0.000 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara lokasi, harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian. Sedangkan uji t menunjukkan bahwa masing – masing variabel berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung lokasi sebesar 2.095 tsig 0.0420, thitung harga 3.104 tsig 0.003, thitung kualitas produk 2.505 tsig 0.016 dan thitung promosi 2.501 tsig 0.016. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh variabel Lokasi (X1), Harga (X2), Kualitas Produk (X3) dan Promosi (X4) sebesar 71,7 persen, sedangkan sisanya 28,3 persen dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti. Untuk itu perusahaan perlu mempertahankan kestabilan harga yang ditawarkan terutama pada item pembayaran suku bunga yang tidak terlalu tinggi, karena harga berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Hasil ini dapat juga dipakai sebagai acuan pengembang lain maupun pemerintah dalam mewujudkan PP No.41 tahun 1996 tentang penyediaan rumah bagi masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. (2002). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfa Beta, hal 103.

Cravens, David W.(2003).Pemasaran Strategic.Edisi Keempat.Jilid 2. Jakarta: Erlangga. hal 77.

Dick Arya Tresnanda, Dkk, yang melakukan kegiatan penelitian mengenai “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rumah (Survei Pada Konsumen Perumahan Blukid Residence Sidoarjo)â€. (Jurnal Administrasi Bisnis (Jab) | Vol. 8 No. 1 Februari 2014 (Administrasibisnis.Studentjournal.Ub.Ac.Id) | (di akses pada 11 November 2014).

Ghozali, 2005, Analisis Multivariate dengan Model SPSS, Universitas Diponegoro,Semarang, hal 42.

Intan Sari Zaitun Rahma, 2010, yang melakukan penelitian dengan judul “Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Perumahan Tipe Cluster (Studi Kasus Perumahan Taman Sari Semarang)â€. | http://eprints.undip.ac.id/23100/1/SKRIPSI.pdf(di akses pada 11 November 2014).

Kauko, T. (2006) . What Makes a Location Attractive for the Housing Consumer Preliminary Findings from Metropolitan Helsinki and Randstad Holland Using the Analytical Hierarchy Process. Journal of Housing and the Built Environment. 21. 159–176. | http://repository.petra.ac.id/16239/1/jurnal-13-peta_persepsi-18774-22296-1-SM.pdf ) | (di akses pada 11 November 2014).

Kotler, Philip dan Gary, Armstrong. (2008). Prinsip – prinsip pemasaran.

Edisi Dua Belas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. , hal :178 - 272 .

--------------------------, 2012, Prinsip – prinsip pemasaran. Edisi 13 . Jilid 1. Jakarta: Erlangga, hal 51.

Kotler, Philip. dan Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi ke Dua Belas Jilid 1. Cetakan I. Jakarta : PT Indeks, hal 214.

Lamb, Hair, dan McDaniel. 2001 . Pemasaran. Buku 1. Penerjemah David Octarevia. Jakarta : Penerbit Salemba Empat, hal 268.

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Cakra Ilmu, hal 61.

Morisson, MA. 2010. “Periklanan (Komunikasi Pemasaran Terpadu)â€, Edisi Pertama. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, hal 16.

Mc Carthy dan Perrefault, 2003 . Dasar-Dasar Pemasaran. Alih Bahasa Agus Dharma. Jakarta: Erlangga. , hal 107.

Njo Anastasia yang melakukan kegiatan penelitian mengenai “Peta Persepsi Konsumen Terhadap Atribut Rumah Tinggal Di Surabayaâ€. (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.15, No.2, September 2013: 141-152 | http://repository.petra.ac.id/16239/1/jurnal-13-peta_persepsi-18774-22296-1-SM.pdf ) | (di akses pada 11 November 2014).

Prabu Mangkunegara, Anwar (1988). Perilaku Konsumen. Bandung: Refika Aditama, hal 3.

Primananda, A. 2010. Faktor – faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli rumah (studi kasus di perumahan bukit semarang baru, semarang) Universitas Diponegoro http://eprints.undip.ac.id/23081//1/skripsi_PDF.pdf | (di akses pada 11 November 2014) , hal 35.

Sanda, A. 2003. Perkembangan Perumahan RealEstateâ€. Kompas, hal 9.

Sugiyono, 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta. hal 67.

-------------. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta, hal 61.

Slovin ,Steph Ellen, eHow Blog, 2010; dengan rujukan Principles and Methods of Research,Ariolaetal.

Swastha, Basu Dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Liberty.hal 15.

Swastha, basu dan T. Hani Handoko, 2000. Manajemen Pemasaran (Analisa. Perilaku Konsumen), Yogyakarta : BPFE UGM. :125.

Tedjakusuma, Ritawati dan Muryani. 2001. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Air Minum Mineral Di Kotamadya Surabaya. Jurnal Penelitian Dinamika Sosial. Vol. 2. No. 3.

Desember. Hal. 48 – 58. Universitas Airlangga. Surabaya. , hal 48-58.

Tjiptono, Fandy 2002 . Perspektif Manajemen dan Pemasaran Komtemporer, Edisi Pertama, Yogyakarta: Penerbit. Andy, hal 41–43

--------------------. (2001). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Keenam. Yogyakarta: Penerbit. Andy , hal 25.

Uswatul Khasanah, 2008, yang melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah (Studi Pada Perumahan Citra Damai Tulungagung)â€.

www.metrotvnews.com 28 September 2010.

Published
2015-07-02
How to Cite
Wijayanti, H., & Srihandayani, C. M. (2015). PENGARUH LOKASI, HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH SURODINAWAN GRANDSITE PADA PT.DWI MULYA JAYA MOJOKERTO. Majalah Ekonomi, 20(1 Juli), 107. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/84
Section
Artikel