“DarLing” Community-based Survival Mechanism melalui Elaborasi Jaringan Sosial dalam Pandemi Covid-19

 Abstract views: 43 ,  downloads: 35
  • Emeralda Ayu Kusuma STIESIA Surabaya
  • David Efendi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Rismawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
Keywords: kesadaran kolektif, survival mechanism, jaringan sosial, pandemic Covid-19

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan menciptakan “Warga Taman Pinang Indah Sehat dan Produktif” melalui peberian motivasi, pendidikan dan pelatihan keluarga sehat dan produktif, serta memperkuat jaringan sosial, memberikan keesadaran prioritas kesehatan, meningkatkan kegiatan ekonomi atau usaha warga dalam bentuk marketing, sales  dan financing support.

Pengabdian masyarakat dilakukan melalui metode pendampingan dan partisipatoris yang diawali dengan focus group discussion untuk menentukan prioritas program apa yang akan dilakukan untuk menjawab kebutuhan warga. Selain itu mengelompokkan kegiatan dalam lini program.

Pengabdian memperoleh hasil bahwa: (1) kesadaran kolektif warga di respon tinggi oleh masyarakat, (2) kepedulian masyarakat terhadap lingkungan keluarga dan sesamanya kian meningkat, (3) meningkatnya kemampuan prakarsa ekonomi warga akibat Covid-19 sehingga warga mampu melakukan bisa survive di tengah kesempitan pandemi.

Program dalam klaster atau lingkungan masyarakat kecil ini untuk ke depan bisa dikembangkan sebagai model pemberdayaan masyarakat sehat dan produktif, sekaligus menunjang ketahanan ekonomi warga.  Tidak hanya di masa pandemi tetapi dalam situasi yang penuh tantangan, membangun kekuatan dan ketahan ekonomi di tingkat keluarga akan membantu untuk mempertahankan daya beli masyarakat.  Sekaligus dalam konteks pandemi Covid-19, upaya kelompok warga dalam menyosialisasikan protokol kesehatan menjadi sangat efektif

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-26