PENGEMBANGAN ALAT PERAGA EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI TK DHARMA WANITA DESA LUNDO, Kec. BENJENG, Kab. GRESIK

 Abstract views: 82 ,  downloads: 118
  • Yunia Dwie Nurcahyanie

Abstract

Divisi Alat Permainan Edukatif merupakan salah satu divisi yang menjalankan salah satu program kegiatan KKN-PPM UNIPA 2017 yang bekerja dibidang pendidikan. Devisi ini berfungsi untuk mengenalkan alat permainan edukatif yaitu Roda Abjad dan Playdough. Desa Lundo merupakan salah satu desa yang memiliki jumlah dusun yang terbanyak yaitu 6 dusun, dengan jumlah dusun terbanyak namun sarana pendidikan untuk anak usia dini atau TK hanya ada 1 di desa tersebut. Dengan latar belakang mata pencarian penduduk sebagian besar adalah petani, maka kepedulian terhadap pendidikan anak tidak terlalu tinggi. Melalui wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas didapati data tentang penerapan Alat Permainan Edukatif pada TK Dharma Wanita Desa Lundo, sudah dilakukan hanya saja tidak terlalu sering dengan alasan keterbatasan waktu dan biaya. Data hasil wawancara dan observasi kemudian diolah untuk dikatikan hasil penerapan Roda Abjad dan Playdough untuk kemudian ditarik kesimpulan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Waldi, Maksum Eka. 2014. Pengaruh Bermain Playdough Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Di Tk Pertiwi Talakbroto, Simo, Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.UniversitasMuhamadiyah Surakarta.

Muflikha, Elok Siti. 2013. Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Media Tutup Botol Hias Di Paud Kenanga I Kabupaten Pesisir Selatan. SPEKTRUM PLS. Vol. I, No.1, April 2013.

Published
2017-08-01
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>