Implementasi Asesmen Anak Usia Dini dengan Hambatan Majemuk pada Guru PAUD di PAUD Inklusif di Jember

 Abstract views: 32 ,  downloads: 18
  • Rosika Novia Megaswarie IKIP PGRI Jember
Keywords: Asesmen, Hambatan Majemuk, Tunaganda, Sekolah Inklusi

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui gambaran implementasi asesmen anak usia dini dengan hambatan majemuk pada guru PAUD Inklusif di Jember. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) berdasarkan observasi dan wawancara pada guru PAUD, pemahaman tentang pelaksanaan asesmen untuk anak usia dini dengan hambatan majemuk masih belum optimal; 2) Guru PAUD memerlukan pelatihan implemetasi asesmen anak usia dini dengan hambatan majemuk; 3) adanya pelatihan mempermudah guru dalam melaksanakan asesmen untuk anak usia dini dengan hambatan majemuk di PAUD Inklusi. Hasil penelitian ini direkomendasikan untuk guru PAUD Inklusi, keluarga, dan peneliti selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Aldila Nurul. (2017). Implementasi Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini di TK Pembina Traji Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Retrieved from https://lib.unnes.ac.id/30459/

Creswell, John W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fauziah. (2005). Applying Alternative Assessment to the Teaching of Malay in Primary School Classroom.

Haryanto. (2010). Diagnosis dan Asesmen Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Venus Gold Press.

Mardalis. (1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara

Prastowo, Andi. (2010). Menguasai Teknik-Teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak (Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Sunanto, Juang. (2013). Konsep Dasar Individu dengan Hambatan Majemuk. JASSI_Anakku, 12(1), 73-85.

Triani, Nani. (2012) Panduan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Luxima Metro Media.

Wortham, Sue Clark. (2005). Assessment in Early Childhood Education (4th Ed). Texas: Pearson Education, Inc.

Yusuf, Syamsu. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Published
2020-05-19
How to Cite
Rosika Novia Megaswarie. (2020). Implementasi Asesmen Anak Usia Dini dengan Hambatan Majemuk pada Guru PAUD di PAUD Inklusif di Jember . SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal, 1(1), 44-48. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no1.a2285