Pengembangan Bahan Ajar Tema Selalu Hemat Energi Berbasis E-Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tunarungu

 Abstract views: 85 ,  downloads: 53
  • Eko Julianto Wibowo Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Blitar
Keywords: E-Learning, Hasil Belajar, Tunarungu

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar tema selalu hemat energi berbasis e-learning siswa tunarungu kelas VII. Penelitian ini pengembangan dengan menerapkan model Gall, Gall & Borg (2003). Dilaksanakan dalam 10 tahapan: 1). identifikasi instruksional, 2). analisis intruksional,3). mengidentifikasi  karakteristik  awal  pebelajar, 4). instruksional khusus, 5). tes acuan patokan, 6). strategi instruksional khusus, 7). mengembangkan bahan ajar, 8). menyelenggarakan evaluasi formatif, 9). revisi instruksional, dan 10). desain dan evaluasi sumatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, evaluasi siswa, pretes dan posttes. Data dianalisis dengan deskriftif kualitatif, deskriftif kuantitatif dan analisis statistik uji-t dengan menggunakan aplikasi SPSS 17. Hasil review dari ahli isi materi  menyatakan bahwa isi produk sangat baik, dari ahli Pendidikan Luar Biasa siswa tunarungu sangat baik, ahli media pembelajaran  adalah  baik. Hasil uji kelompok kecil  adalah  sangat baik dan hasil penilaian uji lapangan adalah sangat baik. Hasil uji-t dengan menggunakan aplikasi SPSS 17 pada taraf signifikasi 5% menunjukkan  pretes 41,66 dan posttes 85,09, sehingga Ho ditolak, dengan kata lain  terdapat perbedaan  yang  signifikan  hasil belajar siswa  antara  sebelum dan sesudah penggunaan bahan ajar berbasis elearning pada pembelajaran terpadu dengan tema selalu hemat energi. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Eko Julianto Wibowo, Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Blitar

Guru

References

Anggrellanggi, A., Supratiwi, M., Yusuf, M., & Martika, T. (2020). Penguatan Aksesibilitas Model Blended Learning pada Matakuliah Bahasa Indonesia bagi Mahasiswa Tunarungu dan Tunanetra. SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal, 1(1), 25-30.

Badiah, L. I., Jauhari, M. N., & Mambela, S. (2020). Penerapan Pelatihan Terapi Auditory Verbal Therapy (AVT) untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(1), 39-42.

Drigas, A., Kouremenos, S., Vrettos, S., Vrettaros, J., & Kouremenos, D., 2004, An Expert System For Job Matching Of The Unemployed. Expert Systems with Applications, 26, 217–224.

Campbell, N. A., Jane, B. R., Lawrence, G. M. alih bahasa Rahayu Lestari, et al. 2008. Biologi. Biologi Edisi Kedelapan Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Dick, W. & Carey, L. 2001. The Systemic Design of Instruction. Fifth Edition. USA; Harper Collin Publisher

Meredith Gall, Joyce P Gall & Walter R. Walter. (2003). Educational Research An introduction, Seventh Edition. Pearson Education, Inc.

Permanarian Somad dan Tati Hernawati. 1995. Ortopedagogik Anak Tunarungu. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Khwaldeh, S., Matar, N., & Hunaiti, Z. (2007). Interactivity in deaf classroom using centralised E-learning system in Jordan. PGNet, ISBN, 1-9025.

Published
2020-10-31
How to Cite
Eko Julianto Wibowo. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tema Selalu Hemat Energi Berbasis E-Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tunarungu. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 1(2), 90-97. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no2.a2295