Studi Kasus Anak dengan Gangguan Bahasa Reseptif dan Ekspresif

 Abstract views: 44 ,  downloads: 19
  • Isabella Hasiana Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini - Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Anak Dengan Gangguan Bahasa Reseptif Dan Ekspresif, Komunikasi, Anak Usia Dini

Abstract

Berbicara merupakan suatu kemampuan utama yang harus dimiliki oleh setiap individu untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain. Banyak orangtua yang cenderung kurang memiliki kekhawatiran apabila anaknya belum lancar berbicara dibandingkan anak lain yang seusianya. Mereka menganggap bahwa keterlambatan bicara adalah sesuatu yang wajar, terutama jika ada anggota keluarga yang dahulu juga mengalami keterlambatan. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa anak yang terlambat bicara dipengaruhi oleh lima faktor, yaitu adanya hambatan didalam pendengaran, hambatan perkembangan pada otak yang menguasai kemampuan oral-motor, masalah keturunan, masalah pembelajaran dan komunikasi dengan orangtua serta juga dapat dikarenakan faktor televisi. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif terhadap satu anak berusia 4 tahun sehingga dikatakan sebagai penelitian studi kasus. Analisis data yang dilakukan di dalam penelitian ini menggunakan tehnik trianggulasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa gangguan bahasa yang dialami dikarenakan faktor televisi dan komunikasi sehari-hari yang dilakukan di dalam keluarga

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Michael L. Hardman. Human Exceptionality. Society, School, and Family. Seventh Edition

Ormrod., 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Penerbit Erlangga.

Wiyani. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Panduang bagi Orangtua dan Pendidik PAUD dalam Memahami serta Mendidik Anak Usia Dini. Penerbit Gava Media, Yogyakarta.

Wiyani. 2014. Buku Ajar Penanganan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Penerbit Ar-Russ Media. Yogyakarta.

Yin. 2008. Studi Kasus Desain dan Metode. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Published
2020-05-14
How to Cite
Hasiana, I. (2020). Studi Kasus Anak dengan Gangguan Bahasa Reseptif dan Ekspresif. SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal, 1(1), 59-67. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no1.a2296