Penggunaan Media Karaoke Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Bacaan Shalat Pada Siswa Tunagrahita Ringan

 Abstract views: 44 ,  downloads: 31
  • Sumiyanti Sekolah Luar Biasa Negeri Sungailiat
Keywords: Tunagrahita, Metode Karaoke, Bacaan Sholat

Abstract

Siswa tunagrahita ringan mengalami kesulitan dalam menghafal dan mengingat bacaan shalat, namun bukan berarti mereka tidak berpotensi dalam mempelajarinya. Dalam penelitian ini media karaoke sebagai media audiovisual berisikan bacaan shalat yang disertai pelafalan dan gerakannya, untuk membantu pembelajaran menghafal bacaan shalat. Melalui media ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menghafal bacaan shalat pada siswa tunagrahita ringan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai penggunaan media karaoke sebagai media pembelajaran menghafal bacaan shalat pada siswa tunagrahita ringan. Penelitian dilakukan di SLB Negeri Sungailiat Kabupaten Bangka dengan subyek penelitian berjumlah dua orang siswa tunagrahita ringan kelas VI SDLB. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Pengumpulan data menggunakan tes lisan berdasarkan 12 indikator kemampuan menghafal bacaan shalat. Perolehan data dianalisis dengan metode inspeksi visual, dengan pengamatan langsung terhadap data dalam grafik. Hasil penelitian menemukan bahwa penggunaan media karaoke sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menghafal bacaan shalat pada siswa tunagrahita ringan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sumiyanti, Sekolah Luar Biasa Negeri Sungailiat

Guru

References

Fauziah, R. (2020). Pengaruh Media Papan Berpaku Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Pada Siswa Tunagrahita Kelas II di SLB C1 Putera Asih Kediri. SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal, 1(1), 68-73.

Mambela, S. (2018). KEPERAGAAN DALAM MENGATASI ANAK LAMBAN MEMAHAMI PELAJARAN. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 14(26), 158-166.

Sheikh, N. A., & Nadeem, K. (2020). Comparison of seasonal prevalence of Otitis media with effusion (OME) in mentally handicapped versus normal school-going children. The Professional Medical Journal, 27(02), 309-316.

Situmorang, R., Haryanto, E. V., & Akbar, M. B. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Cara Memainkan Seruling 3 Dimensi Berbasis Multimedia. Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, 1(1), 476-488.

Sunanto, J., et al (2006). Penelitian dengan Subyek Tunggal. Bandung: UPI Press.

Warsito, B. (2008). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Published
2020-10-31
How to Cite
Sumiyanti. (2020). Penggunaan Media Karaoke Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Bacaan Shalat Pada Siswa Tunagrahita Ringan. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 1(2), 106-113. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no2.a2527