Pengaruh Media Papan Pintar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Tunagrahita Ringan kelas IV di SLB-ACD Pertiwi Kota Mojokerto

 Abstract views: 124 ,  downloads: 47
  • Taufiq Ismail SLB-ACD Pertiwi Kota Mojokerto
Keywords: Media Papan Pintar, Membaca, Tunagrahita

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media papan pintar dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa tunagrahita ringan kelas IV di SLB ACD Pertiwi kota Mojokerjo. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus, Teknik pengumpulan data mengunakan observasi dan tes. Hasil yang didapatkan yaitu pada sikulus pertama didapatkan hasil 40% nilai ketuntasan, sedangkan pada siklus 2 nilai ketuntasan naik menjadi 80%. Berdasarkan hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan papan pintar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa tunagrahita ringan kelas IV di SLB-ACD Pertiwi Kota Mojokerto

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Taufiq Ismail, SLB-ACD Pertiwi Kota Mojokerto

Guru

References

Firmansyah, I., & Widuri, E. L. (2014). Subjective well-being pada guru sekolah luar biasa (SLB).

Empathy, 2(1), 1–8.

Fauziah, R. (2020). Pengaruh Media Papan Berpaku Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Pada Siswa Tunagrahita Kelas II di SLB C1 Putera Asih Kediri. SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal, 1(1), 68-73.

Harmanto, B. (2015). Merancang Pembelajaran Menyenangkan bagi Generasi Digital.

Johnson, L. (2009). Pengajaran yang Kreatif dan Menarik: Cara Membangkitkan Minat Siswa Melalui Pemikiran. Terjemahan Oleh Dani Dharyani.

Muniroh, S. M. (2012). Dinamika resiliensi orang tua anak autis. Jurnal Penelitian, 7(2).

Nofiana, F. (2019). Peran Keluarga Dalam Mengembangkan Self Esteem Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)(Studi Kasus Anak Penderita HNP/Syaraf Terjepit di Desa Sampang Kab. Cilacap). IAIN Purwokerto.

Sugiarmin, M. (2007). Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Dalam Perspektif Pendidikan Inklusif.

Diakses Dari File. Upi. Edu, Pada Tanggal, 5.

Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215.

Uzer, U. (2005). Menjadi guru profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Van Tiel, J. M. (2015). Pendidikan anakku terlambat bicara. Prenada Media.

Wibowo, S. B., & Nurlaila, S. (2016). Self esteem pada anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi.

Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 8(1), 30–34.

Wulandari, D. (2016). Model Pembelajaran yang Menyenangkan Berbasis Peminatan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(2), 851–856.

Published
2020-10-31
How to Cite
Ismail, T. (2020). Pengaruh Media Papan Pintar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Tunagrahita Ringan kelas IV di SLB-ACD Pertiwi Kota Mojokerto. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 1(2), 148-153. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no2.a2849