Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Glenn Doman Bagi Anak Tunarungu Kelas II di SLB Negeri 1 Kota Blitar

 Abstract views: 120 ,  downloads: 83
  • Eko Julianto Wibowo Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Blitar
Keywords: Membaca Permulaan, Metode Glenn Doman, Tunarungu

Abstract

Tujuan Penelitian ini ingin meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunarungu yang meliputi aspek membaca gambar, menuliskan nama gambar, menjawab pertanyaan dan bacaan sederhana, melalui metode gleen doman. Dalam pengumpulan data yang dilakukan sebelum treatmen/ intervensi atau biasa di sebut pre tes dan pengumpulan data sesudah treatment/intervensi atau biasa disebut post tes. Hasil penelitian diolah dengan menggunakan rancangan pre-eksperiment dengan model one group pre tes post tes desain. Data yang berhasil dihimpun di analisa dengan teknik analisis statistik parametrik dengan rumus uji tes “t”. Hasil penelitian menunjukkan Dengan df sebesar 5 dilihat dari taraf signifikansi 5% maka diperoleh harga t tabel signifikansi 5 % sebesar 2,57 sedangkan pada taraf sinifikasi 1% t tabel diperoleh sebesar 4,03. Dengan membandingkan besarnya t yang kita peroleh dalam perhitungan (to = 6.72 ) dan besarnya t tabel maka dapat diketahui bahwa : 2,57 < 6.72 > 4,03. Kesimpulannya adalah ada peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Eko Julianto Wibowo, Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Blitar

Guru

References

Ali, Muhammad. 2008. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Cetakan ke xiii. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Akhadiah, S.M.K, dkk 1992. Bahasa Indonesia /// Jakarta : Departemen P dan K

Agus Hariyanto 2009. Membuat Anak Anda Cepat Pintar Membaca Panduan Dan Membaca Penerapannya. Yogyakarta : DIVA press

Darmiyati Zuchdi Budiasih. 1996 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta : Depdikbud.

Dr. Mulyono, Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan Ke 5. Semarang : Universitas Diponegoro.

Badiah, L. I., Jauhari, M. N., & Mambela, S. (2020). Penerapan Pelatihan Terapi Auditory Verbal Therapy (AVT) untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(1), 39-42.

Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar Penilaian Buku Sains

Prof. Drs. Anas Sudijono. 1987. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Prof. Dr. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Prof. Dr. Suharsimi Arikunto. Dosen FIP-IKIP Yogyakarta 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Edisi Revisi V. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Soedarso, 1983. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta : Gramedia

Somad, Permanarian. 2008. Dampak Ketunarunguan terhadap Perkembangan Individu

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito Bandung.

Sudijono, Anas. 2007. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sumadi. 1983. Ortodidaktik Tunarungu Wicara Jurusan B. Jakarta : Depdikbud.

Tim Penyusun. 2006. Panduan Penulisan Skripsi Universitas Negeri Surabaya. Surabaya : Unesa University Pers.

Wijaya. 2000. Statistika Non parametric (Aplikasi Program SPSS). Bandung : Alfabeta Bandung.

Published
2021-04-30
How to Cite
Eko Julianto Wibowo. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Glenn Doman Bagi Anak Tunarungu Kelas II di SLB Negeri 1 Kota Blitar. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 2(1), 1-9. https://doi.org/10.36456/special.vol2.no1.a3310