Model Pembelajaran Sentra dan Lingkungan Pada Anak Normal dan Anak Autis

 Abstract views: 124 ,  downloads: 80
  • Aisyah Pendidikan Anak Usia Dini – Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Autis, Pembelajaran Sentra dan Lingkungan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan model pembelajaran sentra dan lingkungan pada anak normal dan anak autis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini didapatkan Model pembelajaran sentra dan lingkaran dapat meningkatkan kemampuan dan potensi yang dimiliki anak usia dini dan anak autis dengan disesuaikan karakteristik yang dimiliki anak. Peran guru sangat penting dalam mengembangkan potensi-potensi anak usia dini sesuai dengan bidangnya. Dengan adanya pembelajaran sentra dan lingkungan anak normal dan anak autis dapat bekerja sama dengan baik dalam setiap kegiatan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Aisyah, Pendidikan Anak Usia Dini – Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Dosen

References

Arifin, A. R. K., & Fardana, N. A. (2014). Peran Pendidik PAUD dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Sentra dan Lingkaran. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 3(3), 188-198.

Badiah, L. I., Jauhari, M. N., & Sambira, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Guru Paud Dalam Menyusun Program Pembelajaran Individual Anak Berkebutuhan Khusus Di PAUD Permata Bunda. SPEED Journal: Journal of Special Education, 3(2), 95-100.

Handoyo .Y. Autisma. Jakarta Bhuana Ilmu Popular. 2003.

Irvan, M., & Jauhari, M. N. (2019). Early Intervention For Children With Autism Spectrum Disorder Using Planning Matrix. In The 9th International Conference on Educational Technology of Adi Buana (ICETA 9).

Irvan, M., & Jauhari, M. N. (2020, December). Family Intervention: A Systematic Learning Approach for Children with Disabilities During Pandemic Covid-19. In 1st International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020) (pp. 223-227). Atlantis Press.

Nuryani . Kumpulan Materi Pendidikan Anak Usia Dini.2012. Roudhotul Athfal. Istiglal. Jakarta.

Purnama, A., & Abadi, M. I. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Sentra dan Lingkaran Berbasis Pendidikan Inklusi Untuk Taman Kanak-kanak (TK). Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1-8.

Prasetyo, T., & Supena, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Selama Pandemik Covid-19 Learning Implementation for Students with Special Needs in Inclusive Schools During the Covid-19 Pandemic.

Priyatna, Andri. Amazing Autism!. Jakarta. Elek Media Komputindo. 2009

Priendarningtyas, A. (2017). Pembelajaran Paud Pada Anak Autis (Penelitian Deskriptif di TK A Fitria Assyahara, Klender-Jakarta Timur). Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 5(1), 49-60.

Rindaningsih, I. (2012). Pengembangan Model Manajemen Strategik Berbasis (beyond center and circle Time) BCCT Pada PAUD. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 213-223.

Renata, N. (2013). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Autisme Melalui Permainan Balok Warna

di PAUD Autis BIMA Padang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Sasmita, D. (2018). Implementasi Metode Pembelajaran Sentra dan Waktu Lingkaran Pada Pembelajaran Kelompok B di PAUD Terpadu Widya Mandala Bondowoso Tahun Pelajaran

/2018.

Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Indeks. 2009.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Wahyuningsih, D. (2020). Model Pembelajaran Bcct Bagi Anak Usia Dini Sesuai Dengan Tahap Perkembangan. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 58-69.

Yulisutiany, I. (2018). Study of Education Competency and Effect on Learning Process of BCCT Method on Educational Group of Education Age (PAUD) in Sukasari Bandung. International Journal of Educational Technology and Learning, 3(2), 69-77.

Yuningsih, S., Rifai, A., & Kisworo, B. (2018). Penyelenggaraan pembelajaran model Beyond Centers and Circle Time (BCCT) pada anak usia dini. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E- Plus), 3(2).

Published
2021-04-30
How to Cite
Aisyah. (2021). Model Pembelajaran Sentra dan Lingkungan Pada Anak Normal dan Anak Autis. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 2(1), 18-29. https://doi.org/10.36456/special.vol2.no1.a3364