Peningkatan Kemampuan Komunikasi Lisan dan Tulisan dengan Media Bacakolis pada Siswa Tunagrahita Kelas IV SDLB Negeri 2 Yogyakarta

 Abstract views: 81 ,  downloads: 79
  • Shanti Purwasih SLB Negeri 2 Yogyakarta
Keywords: Kemampuan Lisan, Kemampuan Tulisan, Tunagrahita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan komunikasi lisan dan tulisan  pada siswa tunagrahita kelas IV SDLB Negeri 2 Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, media pengumpulan data dengan cara observasi, praktik dan dokumentasi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan prasiklus tanpa media menunjukkan rerata 34% dan 26%. Pada siklus 1 hanya ada 1 siswa yang mencapai nilai pembelajaran, sedangkan 4 siswa berada di bawah KKM tetapi rerata sudah mengalami peningkatan yaitu 60% dan 40%. Pada siklus 2 menunjukkan 3 dari 5 siswa mencapai nilai pembelajaran dengan prosentase hasil rerata 82% dan 73%. Kesimpulannya adalah penggunaan media bacakolis dapat meningkatakan aktivitas membaca dan kemampuan berkomunikasi lisan dan tulisan siswa tunagrahita.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Shanti Purwasih, SLB Negeri 2 Yogyakarta

Guru

References

Ar, H. E. S. (2014). Penelitian tindakan kelas.

Febrisma, N. (2013). Upaya Meningkatkan Kosakata Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Tunagrahita Ringan (PTK kelas DV di SLB Kartini Batam). E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 1, 2-120.

Ismail, T. (2020). Pengaruh Media Papan Pintar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Tunagrahita Ringan kelas IV di SLB-ACD Pertiwi Kota Mojokerto. SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal, 1(2), 148-153.

Pandudinata, R., Sumarlam, S., & Saddhono, K. (2018). Pemerolehan Bahasa Siswa Tunagrahita Kelas VI SD. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1), 48-56.

Sholikhah, M. A., Trapsilasiwi, D., Suharto, S., Susanto, S., & Yudianto, E. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Tunagrahita Ringan Smalb-C Negeri Jember dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Aljabar Menggunakan Alat Peraga Kertas Aljabar. Kadikma, 9(2), 98-107.

Published
2021-04-30
How to Cite
Shanti Purwasih. (2021). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Lisan dan Tulisan dengan Media Bacakolis pada Siswa Tunagrahita Kelas IV SDLB Negeri 2 Yogyakarta. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 2(1), 30-36. https://doi.org/10.36456/special.vol2.no1.a3478