HUBUNGAN ANTARA POWER TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP KETEPATAN UNDERBASKET SHOOT

 Abstract views: 19 ,  downloads: 13
  • suhartik Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • M Ilham Leksa Pambudi Universitas PGRI Adibuana Surabaya
Keywords: power tungkai, kekuatan otot lengan, underbasket shoot

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara power tungkai dan kekuatan otot lengan dengan ketepatan underbasket shoot pada tim putra ekstrakulikuler bola basket SMA AL-Islam Krian. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif dengan teknik pengunpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi pada penelitian ini adalah tim putra pada ekstrakulikuler bola basket SMA AL-Islam Krian yang berjumlah 40 siswa. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria yaitu : (1) tim putra bola basket ekstrakulikuler SMA AL-Islam Krian. (2) merupakan tim bola basket yang memenuhi kriteria berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah  power tungkai diukur dengan menggunakan tes vertical jump dengan satuan centimeter. Kekuatan otot lengan diukur dengan pull up test menggunakan satuan kilogram. Tembakan underbasket menggunakan underbasket shoot per menit. Analisis data menggunakan uji regresi korelasi. Hasil analisis menunjukkan (1) adanya hubungan antara power tungkai dengan ketepatan underbasket shoot pada tim putra ekstrakulikuler bola basket dengan nilai r x1.y = 0.485 > r (0,05)(20)= 0.444 (2) adanya hubungan antara kekuatan otot lengan dengan ketepatan underbasket shoot pada tim putra bola basket dengan r x2.y = 0.510 > r (0.05)(20) = 0.444 .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Salim. (2008). Buku Pintar Bola Basket. Bandung: NUANSA

Arinto 2014. Pengaruh Latihan Kelincahan Terhadap Kemampuan Mendribble Bola Pada Siswa SMP Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Skripsi Sarjana Pendidikan: Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Danny Kosasih. (2008). Fundamental Basketball. Semarang: Karang Turi Media.

Dwi Febriansyah. (2011). Hubungan Kecepatan Reaksi, Daya Ledak Otot Tungkai ,dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Start Renang Gaya Dada menggunakan Grap Start. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.

Nana Syaodih. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdaka.

Nugroho, Fadli. (2014). Hubungan Daya Ledak (Power) Otot Tungkai dengan Kemampuan Jump Shoot pada Permainan Bola Basket di SMP Negeri 1 Curup Timur. Bengkulu

Nurhasan. 2010. Tes dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Bandung; Penerbit Universitas Pendidikan Bandung.

Ngatman. (2001). Tes Dan Pengukuran. Yogyakarta: FIK UNY.

Maksum Ali (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press

Oliver, Jon. (2007). Basketball Fundamentals (Dasar-dasar Bola Basket). Penerjemah: Wawan Eko Yulianto,S.S. Bandung: PT Intan Sejati.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rhineka Cipta.

Yandika FR. (2016). Kontribusi Power Otot Tungkai, Persepsi Kinestetik Dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Keberhasilan Tembakan Lompat (Jump Shoot) Bolabasket. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 12 (22), 135-157.

Published
2020-05-27
How to Cite
suhartik, & M Ilham Leksa Pambudi. (2020). HUBUNGAN ANTARA POWER TUNGKAI DAN KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP KETEPATAN UNDERBASKET SHOOT . STAND : Journal Sports Teaching and Development, 1(1), 17 - 21. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i1.2322