PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KERJASAMA TIM DALAM EFEKTIVITAS PENGUASAAN GERAKAN SENAM DASAR PRESTASI

 Abstract views: 36 ,  downloads: 9
  • Abd. Cholid Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Harwanto Harwanto Universitas PGRI Adibuana Surabaya
Keywords: Pengembangan Model Pembelajaran, Kerjasama tim, Senam Prestasi

Abstract

Pengembangan model pembelajaran kerjasama tim diterapkan dalam proses belajar dan mengajar (PBM) sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas penguasaan gerakan senam dasar prestasi, yang merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang efektif untuk mencapai hasil belajar latihan gerak senam dasar prestasi secara praktis. Hal tersebut didasarkan pada pemikiran bahwa berlatih kerjasama tim dapat memberikan kontribusi yang positif dalam pengembangan diri maupun kepraktisan dalam berlatih praktek, karena kerjasama tim mampu membangun kompetensi dan karakter siswa melalui penanaman nilai sikap kerjasama, disiplin, saling hormat dan menghargai teman dalam tim, serta membangun rasa percaya diri.  

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan Model Pembelajaran melalui kerjasama tim dalam berlatih gerak senam dasar prestasi dan melihat tingkat keefektifan dalam Pengusaan Gerakan Senam dasar prestasi. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang positif pada dosen dan guru pengampu materi senam dasar prestasi melalui pengembangan model latihan kerjasama tim yang efektif dalam penguasaan gerakan senam dasar prestasi.

Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut; 1). Model pembelajaran latihan Kerjasama tim dapat meningkatkan efektivitas dalam penguasaan gerakan  senam dasar prestasi2). Penerapan model pembelajaran latihan Kerjasama tim dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam menentukan model pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alexandria: ASCD. Maggi, S. & Claire H.M. (2004). Foundations of problem-based learning. New York: Open University Press.

Barbara. B. Levin. dalam Rachmad (2001): Energizing teacher education and profesional development with problem based learning.

Daft; Johnson & Johnson. (2000). Cooperative Learning Strategis (online): www.clcrc.com/cl.html

Richard. I. (2008). Belajar untuk mengajar. Edisi ke tujuh alih bahasa oleh Helly Prayitno dan Sri Mulyantani Prayitnodari judul Learning to Teach (7thed). Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran mengembangkan profesional guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Taufiq. M.A (2009). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Bagaimana pendidik memberdayakan pembelajar di era pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media GroupArends,

Published
2020-05-27
How to Cite
Abd. Cholid, & Harwanto, H. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KERJASAMA TIM DALAM EFEKTIVITAS PENGUASAAN GERAKAN SENAM DASAR PRESTASI. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 1(1), 1 - 8. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i1.2327