PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BOLA MELALUI LATIHAN KUCING – KUCINGAN PADA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 JOMBANG

 Abstract views: 29 ,  downloads: 15
  • Akmal Istighfar Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang
Keywords: futsal, kucing-kucingan, passing

Abstract

Futsal merupakan salah satu ekstrakurikuler yang cukup digemari. Hal ini sangat membantu dalam memfasilitasi dan melatih keterampilan siswa dalam bermain futsal di luar jam pelajaran.  Menurut hasil observasi mengenai keadaan para pemain pada ekstrakurikuler futsal, banyak pemain yang masih memiliki kemampuan kurang baik dalam melakukan passing bola, sehingga ketika melakukan permainan futsal masih banyak siswa yang mengalami kesulitan untuk dapat bermain dengan baik.

Dalam penelitian ini jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain “Pre-test dan Post-test”. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan alat ukur tes yang digunakan dalam melakukan pre-test dan post-test adalah dengan menggunakan instrumen tes passing dan stopping 30 detik untuk mengukur hasil passing dan control. Populasi dalam penelitian ini adalah tim futsal di MAN 1 Jombang.

Dari uji t menunjukkan bahwa data dari kelompok pre test kanan dan post test kiri terdapat ada perbedaan atau ada pengaruh yang signifikan antara data masing-masing variabel, sedangkan kelompok pos test terdapat pengaruh pada passing pemain futsal MAN 1 Jombang dapat disimpulkan bahwa latihan kucing - kucngan berpengaruh yang signifikan terhadap kemampuan passing pemain fustal di MAN 1 Jombang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Charlim, (2011). Mengenal lebih jauh tentang futsal. Jakarta: Multi Kreasi satu delapan diakses Pada Pukul 19:00, hari rabu tanggal 30/08/2019).

Girard, O., Villanueva, A.M., Bishop, D.J. (2011). Repeated Sprint Ability-Part II: Recommendation for Training, Sports Medicine, 41(8 ), 673-94.

Kusnanik, N.W. dan Rattray Ben. Effect of Ladder Speed Run and Repeatd Sprint Ability In Improving Agility and Speed of Junior Soccer Players. Acta Kinesiologica. 11 (2017) issue 1:19-22.

McKeag, D. dan Moeller, B., & James, L. (2007). ACSM’s Primary Care Sports Medicine (second edition). Philadelphia: NAPCO Media.

Husen, M. 2015. Pengaruh metode latihan el rondo dan circle passing drill terhadap ketepatan passing sepakbola siswa SSB Bhaladika. Skripsi. Jurusan PKLO Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

M, Sajoto. 1998. Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Semarang: Dahara Prize

Mielke, D. 2004. Dasar-Dasar Sepak Bola. Jakarta : Pakar Raya.

Rubiant Hadi. 2007. Ilmu Kepelatihan Dasar. Semarang: CV Cipta Prima Nusantara.

Scheunemann, T. 2005. Dasar-Dasar Sepak Bola Modern. Malang: Dioma.

Sugianto, dan Restu Ilahi B, & Defliyanto. 2019. Implementasi Metode Rondo Untuk Meningkatkan Teknik Passing Mahasiswa Pada Mata Kuliah Futsal Penjas Prodi Penjas FKIP Unib. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3 (1) 2019.

Sucipto, dkk, 2000. Sepakbola Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan: Direktorat Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan.

www.fifa.com, diakses pada pukul 19:00, hari rabu tanggal 30/08/2019).

Published
2020-05-27
How to Cite
Akmal Istighfar. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BOLA MELALUI LATIHAN KUCING – KUCINGAN PADA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 JOMBANG. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 1(1), 56 - 62. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i1.2328