Analisis Hasil Pertandingan Pencak Silat Pada Kejuaraan DANDIM CUP III Kabupaten Nganjuk Tahun 2019

 Abstract views: 23 ,  downloads: 9
  • Brahmana Rangga Prastyana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Analisis, Hasil Pertandingan, Pencak Silat, Kejuaraan DANDIM CUP III

Abstract

Hasil pertandingan selain sebagai dasar dalam pengembilan keputusan pemenang, juga sebagai bentuk informasi kepada pelatih dan atlet apakah teknik yang telah diberikan efektif dalam memperoleh nilai ketika bertanding. Dengan gerakan efektif dan efisien, maka dapat menghasilkan bentuk serangan yang maksimal sehingga mampu memperoleh nilai tertinggi. Selain itu, Hasil pertandingan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi terhadap teknik yang paling dominan dalam menghasilkan nilai. Peneliti ingin menganalisis hasil pertandingan pada Kejuaraan Pencak Silat Piala DANDIM CUP III Tahun 2019 Kabupaten Nganjuk. Melalui analisis yang dilakukan diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam bentuk informasi data ilmiah kepada Atlet, Pelatih, dan Pengurus IPSI Kabupaten Nganjuk. Dengan banyaknya data dari berbagai aspek diharapkan dapat meningkatkan prestasi pencak silat di IPSI Kabupaten Nganjuk. Berdasarkan serangkaian hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Tidak semua kontingen mengirimkan atlet di tiap kelas yang dipertandingkan sehingga terdapat kelas yang kosong, seperti kelas J dan kelas Bebas, (2) skor pertandingan rata-rata yang sering muncul yaitu perolehan dengan angka 5 vs 0  dengan persentase 60%, 4 vs 1  dengan persentase 14%, 3 vs 2 dengan persentase sebesar 11%. Selanjutnya sebesar 4% diskualifikasi, 8% undur diri, 2% kemenangan teknik, dan keputusan kemenangan akibat Wasit Menghentikan Pertandingan sebesar 1%. Disarankan perlu untuk mencari bibit-bibit atlet untuk dapat mengisi kelas-kelas yang dipertandingan, pelatih harus tanggap dan merespon ketika terjadi cidera dalam pertandingan, serta panitia penyelenggara selanjutnya perlu menambah nomor pertangingan yaitu kategori Tunggal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dailami, M. Jatmiko, T. (2019). Analisis Statistik Teknik Tendangan Kategori tanding Kelas D Putra Mahasiswa Pada Kejuaraan Pencak Silat Se-Jawa Timur Open Piala Rektor UNESA Ke I 2018. Jurnal Prestasi Olahraga Vol 2 NO 3.https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/30485.

Ikatan Pencak Silat Indonesia. (2012). Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga. Surabaya. PENGPROV IPSI JAWA TIMUR.

Kriswanto, Erwin. S. (2015). Pencak Silat. Sejarah dan Perkembangan Pencak Silat Pengetahuan Dasar Pertandingan Pencak Silat. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.

Mariono, O. (2000). Pencak Silat Merentang Waktu. Cet. Kedua. Yogyakarta. Yayasan Galang.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D, Bandung: Alfabeta

Published
2020-05-27
How to Cite
Prastyana, B. R. (2020). Analisis Hasil Pertandingan Pencak Silat Pada Kejuaraan DANDIM CUP III Kabupaten Nganjuk Tahun 2019. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 1(1), 9 - 16. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i1.2367