REDESAIN INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL) TERPUSAT MENGGUNAKAN SISTEM ANAEROBIK AEROBIK BIOFILTER DI RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA

 Abstract views: 569 ,  downloads: 2370
  • Christina Irnani
  • Sugito Sugito

Abstract

Limbah cair rumah sakit mengandung senyawa organik yang cukup tinggi, senyawa patogen, bersifat infeksius yang berpotensi menularkan penyakit dan mencemari lingkungan, Seiring bertambahnya fasilitas pelayanan di RSUD Dr. Soetomo Surabaya maka menyebabkan bertambahnya beban olahan limbah cair. Oleh karena itu perlu dilakukan redesain IPAL terpusat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk meredesain IPAL terpusat di RSUD Dr. Soetomo Surabaya dengan sistem Anaerobik Aerobik Biofilter menggunakan sistem Attached Growth Processes dengan tipe Submerged – Fixed Media. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah survey lapangan, dokumentasi, kajian literatur dan analisis laboratorium untuk mengetahui karakteristik fisik dan kimia limbah cair. Hasil perhitungan debit limbah cair untuk sepuluh tahun mendatang adalah 500 m3/hari. Konsentrasi BOD awal sebesar 154 mg/lt dan diperkirakan untuk kebutuhan 10 tahun mendatang mengalami peningkatan sebesar 200% menjadi 308 mg/lt yang tergolong dalam kategori kualitas medium. Sistem pengolahan limbah cair Anaerobik-Aerobik Biofilter menggunakan media bioball dengan diameter ± 2,5 cm. Efisiensi Penurunan BOD ditetapkan sebesar 90% - 95%, hasil redesain adalah dimensi utama bangunan pengolahan limbah cair dengan ukuran lebar 4,5 m; kedalaman efektif 3 m; panjang bak equalisasi 5 m; bak sedimentasi awal 5 m; bak biofilter anaerobik 14,6 m; bak biofilter aerobik 4,5 m; bak sedimentasi akhir 4,8 m dan bak klorinasi 4,2 m. Hasil perhitungan rencana anggaran biaya untuk pembangunan IPAL Anaerobik Aerobik Biofilter sebesar Rp. 2.260.000.000. Prototype model IPAL dalam penelitian ini dibuat dari bahan kaca dengan skala 1:25, diperoleh dimensi panjang keseluruhan 153 cm; lebar 18 cm dan tinggi 12 cm.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ifadah, S.M. dan Sugito. 2012. Kinerja Biofilter Aerobik untuk Pengolahan Limbah Cair Puskesmas Janti Kota Malang, Prosiding Semnas TEKNOIN, UII Yogyakarta

Kementerian Kesehatan RI. 2011. Pedoman Teknis Instalasi Pengolahan Air Limbah Dengan Sistem Biofilter Anaerob Aerob Pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Komariyah, Siti dan Sugito. 2011. Perencanaan IPAL Biofilter di UPTD Kesehatan Puskesmas

Gondang Wetan Kabupaten Pasuruan. Surabaya, Universitas PGRI Adibuana

Maharani, Lidya. 2005. Evaluasi dan Pengembangan Instalasi Pengolahan Air Limbah RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Metcalf & Eddy. 2004. Wastewater Engineering Treatment Disposal, Reuse and Recovery. McGRAW-HILL Book Company.

Peraturan. Gubernur Jawa Timur Nomor 72 Tahun 2013 Tentang Baku Mutu Air Limbah Bagi Industri

dan/atau Kegiatan Usaha Lainnya di Jawa Timur.

Purwanto, Didik Sugeng. 2010. Pengolahan Air limbah. Surabaya, Jurusan Kesehatan Lingkungan Surabaya.

Purwanto, Didik Sugeng. 2011. Pengolahan Air limbah Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Surabaya, Jurusan Kesehatan Lingkungan.

Purwanto, Didik Sugeng. 2012. Teknik Pengolahan Air limbah Rumah Sakit. Surabaya, Jurusan Kesehatan Lingkungan.

Said, Nusa Idaman. 2012. Materi Pelatihan Teknologi Pengolahan Limbah Cair Dengan Sistem Biofilter Anaerob Aerob. Jakarta, BPPT.

Slamet, Agus. dkk. 2000. Satuan Proses. Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Sugito, 2008. Buku Ajar PBPAB. Surabaya, FTSP Universitas PGRI Adi Buana.

Published
2016-01-10
How to Cite
Irnani, C., & Sugito, S. (2016). REDESAIN INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL) TERPUSAT MENGGUNAKAN SISTEM ANAEROBIK AEROBIK BIOFILTER DI RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA. WAKTU: Jurnal Teknik UNIPA, 14(1), 52-60. https://doi.org/10.36456/waktu.v14i1.106

Most read articles by the same author(s)

> >>