EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM TRAYEK LYN HB1 JURUSAN TULANGAN-TERMINAL LARANGAN KABUPATEN SIDOARJO

 Abstract views: 263 ,  downloads: 391
  • Dwi Muryanto Universitas Dr. Soetomo
  • Rudy Santosa Universitas Dr. Soetomo
Keywords: Angkutan Umum, Indikator Pelayanan, Kinerja Operasional, Trayek Lyn HB1

Abstract

Pelayanan angkutan umum yang baik sangat dibutuhkan di Kabupaten Sidoarjo mengingat jumlah penduduk cukup padat dengan aktivitas hidup yang tinggi. Angkutan umum yang beroperasi harus dapat mendukung aktivitas perjalanan masyarakat. Jalur Tulangan menuju terminal Larangan merupakan salah satu  rute penting yang berkontribusi besar terhadap aktivitas perjalanan masyarakat dari koridor barat menuju pusat kota dimana saat ini dilayani MPU trayek Lyn HB1 berkapasitas 12 penumpang per armada. Kinerja operasional MPU trayek Lyn HB1 saat ini masih belum maksimal, hal ini terlihat pada waktu tertentu armada terlihat kosong dan waktu tunggu cukup lama. Tujuan studi ini untuk mengetahui tingkat kinerja operasional MPU trayek Lyn HB1 jurusan Tulangan-Terminal Larangan kondisi eksisting, Penilaian kinerja operasional yang digunakan berdasarkan Indikator Pelayanan Angkutan Umum yang telah ditetapkan Dirjend. Perhubungan Darat meliputi: headway, frekuensi, kapasitas, load factor, dan waktu tempuh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data sekunder dilakukan melalui studi literatur dan pengambilan data dari instansi terkait. Data primer diperoleh melalui observasi langsung di armada angkutan umum. Hasil studi didapatkan headway rata-rata diatas 10 menit, frekuensi rata-rata kurang dari 6 kendaraan/jam, load factor rata-rata kurang dari 70%, dan waktu tempuh perjalanan rata-rata lebih dari 1,5 jam. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja operasional MPU trayek Lyn HB1 kurang baik karena tidak sesuai dengan standar Indikator Pelayanan Angkutan Umum yang ditetapkan Dirjend. Perhubungan Darat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Nomor: SK.687/AJ.206/DRJD/2002 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum Di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap Dan Teratur.
Siagian, P. 2016. Analisis Kebutuhan Angkutan Umum Penumpang Kota Manado. Jurnal Sipil Statik. Vol. 4 (6): 367-373
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA
Supriatno, D. 2017. Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Jenis Lyn dan Kebijakan Penanganannya di Kabupaten Sidoarjo. Prosiding SENSEI-Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jember
Widayanti, A., Supriyatno, D. 2015. Evaluasi Kinerja Angkutan Umum di Kabupaten Sidoarjo. The 17th FSTPT International Symposium. Jember University 15 (1)
Published
2018-10-17
How to Cite
Muryanto, D., & Santosa, R. (2018). EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM TRAYEK LYN HB1 JURUSAN TULANGAN-TERMINAL LARANGAN KABUPATEN SIDOARJO. WAKTU: Jurnal Teknik UNIPA, 16(2), 18-25. https://doi.org/10.36456/waktu.v16i2.1670