PERBAIKAN MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN PENDEKATAN DMAIC BAGI PEKERJA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG DI GRESIK

 Abstract views: 188 ,  downloads: 199
  • Titiek Koesdijati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Manajemen K3, Preto, Fishbone, DMAIC

Abstract

Sistem manajemen K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) adalah bagian dai manajemen secara keseluruhan yang meliputi struktur organisasi, perencanaan, tanggung jawab, pelaksanaan, prosedur dan sumber daya yang dibutuhkan bagi pengembangan, penerapan pencapaian, pengkajian dan pengendalian resiko serta berkaitan dengan kegiatan kerja sehingga tercipta tempat kerja yang aman, efisien dan produktif. Tingkat keselamatan dan kesehatan kerja bagi proyek pembangunan gedung masih sering diabaikan sehingga dibutuhkan aturan atau Standar Operating Procedure (SOP) untuk mengurangi kejadian yang tidak diinginkan. Untuk memperbaiki sistem manajemen K3 yang sudah ada, menggunakan pendekatan DMAIC dan diawali dengan pengolahan data kuisener menggunakan SPSS. Hasil  kuisener menunjukkan 67% pada sikap pekerja. Sedangkan pengolahan data selanjutnya menunjukkan adanya potensi yang membahayakan pada alat, bahan dan mesin yang digunakan, terlihat dari diagram Pareto dan Ishikawa. Pendekata DMAIC menunjukkan kebutuhan untuk membuat SOP dilanjutkan dengan sosialisasi pelatihan bagi pekerja untuk mengurangi kecelakaan kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, Yayan Farid Poniman 2015, Manajemen HR, Edisi Pertama, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Kuswana, Wowo Sunaryo 2014, Ergonomi dan K3, Edisi Pertama, PT Remaja Rosdakarya, Bandung. (Burton et al 1978)
Ramli, Soehatman 2010, Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja OHSAS 18001, Edisi Pertama, Dian Rakyat, Jakarta.
Sujarweni, V. Wiratna 2014, Metodologi Penelitian, Edisi Pertama, Pustakabarupres, Yogyakarta.
Suma’mur PK, Soedirman 2014, Kesehatan Kerja Dalam Perspektif Hiperkes & Keselamatan Kerja, Edisi Pertama, Erlangga, Jakarta.
Ahdi 2014, Peraturan K3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja bekerja di Proyek,
16 Desember 2016
Jurnal Berkala, 2015, Analisis Manajemen Resiko Kesehatan dan Kesehatan Kerja (K-3) Dalam Penggunaan Las Pada Proyek Instalasi Pipa PT.Citra Adikarya Teknik Surabaya.
Published
2021-01-28
How to Cite
Koesdijati, T. (2021). PERBAIKAN MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN PENDEKATAN DMAIC BAGI PEKERJA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG DI GRESIK. WAKTU: Jurnal Teknik UNIPA, 19(01), 31-37. https://doi.org/10.36456/waktu.v19i01.3252