ANALISIS KETERTARIKAN PENUMPANG TERHADAP ANGKUTAN UMUM PERKOTAAN ANGLING DI KOTA TUBAN

 Abstract views: 19 ,  downloads: 39
  • Sugiyanto Sugiyanto Universitas Sunan Bonang
  • Cicik Nur Indah Universitas Sunan Bonang
Keywords: Ketertarikan, responden, outer model dan inner model

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ketertarikan penumpang angkutan umum perkotaan Angling di Kota Tuban. Ketertarikan tersebut  diukur menggunakan 5 variabel penelitian terdiri tarif angkutan, rute angkutan, waktu tunggu pemesanan angkutan, pelayanan sopir angkutan dan keamanan mengemudi angkutan. Hasil evaluasi outer model telah memenuhi hasil uji validitas dan uji reabilitas. Uji validitas dilakukan untuk menguji apakah pertanyaan-pertanyaan yang dimuat dalam kuisioner yang diberikan pada responden adalah valid dan mampu menjelaskan variabel latennya, sedangkan pada uji reabilitas digunakan untuk mengukur keandalan tingkat kepercayaan model yang didihasilkan pada penelitian ini. Hasil evaluasi inner model  didapatkan angka korelasi variabel waktu tunggu pesan angkutan lingkungan merupakan variabel paling besar berpengaruh (88%), disusul keamanan mengemudi kendaraan  sebesar 23% dan rute angkutan lingkungan sebesar 18%, sedangkan dari variabel lain berpengaruh paling rendah terdiri pelayanan sopir angkutan lingkungan 2% dan tarif angkutan berpengaruh menurunkan sebesar -3%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling. Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Solimun, Fernandes, A. A. R. dan Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat: Pemodelan Persamaan Struktural (SEM)-Pendekatan WarpPLS (1st ed.). Universitas Brawijaya Press, Malang.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfa Beta, Bandung.
Published
2021-07-09
How to Cite
Sugiyanto, S., & Nur Indah, C. (2021). ANALISIS KETERTARIKAN PENUMPANG TERHADAP ANGKUTAN UMUM PERKOTAAN ANGLING DI KOTA TUBAN. WAKTU: Jurnal Teknik UNIPA, 19(02), 1-18. https://doi.org/10.36456/waktu.v19i02.4368