PENGEMBANGAN REALTOR BIOFILTER TERPADUKAN DENGAN TEKNOLOGI FILTRASI UNTUK litENGOLAH AIR LIMBAH DOMESTIK MENJADI AIR BERSIH

 Abstract views: 81 ,  downloads: 76
  • Sugito Sugito Universitas PGRI Adi Buana

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk berdampak pada meningkalnya kebutuhan air bersih. Keberadaan air bersih semakin sulit diperoleh akibat penggundulan hutan, eksploitasi air tanah, dan pencemaran air. Pencemaran air limbah domestik menurunkan kualitas air pennukaan yang digunakan sebagai air baku. Oleh karena itu pengolahan air limbah domestik sudah seharusnya dilakukan secara serius karena selain demi kesehatan manusia, efluen yang dihasilkan dapat dimanfaatkan kembali.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji aplikasi Reaktor Biofilter terpadukan Teknologi Filtrasi berbasis media filtrasi untuk memenuhi kebutuhan air bersih dari bahan baku air limbah domestik. Sampel terolah adalah limbah cair domestik dari puskesmas. Reaktor Blather menggunakan kombinasi anaerobik dan aerobik aliran upflow-downflow dengan media koral berukuran 2-3 cm. Reaktor filtrasi menggunakan bahan paralon PVC ukuran 6 inch berisi media pasir silika, manganese greensand, karbon akti& dipadukan dengan media resin. Proses aliran secara kontinyu dengan tipe aliran upflow-downflow. Parameter terukar adalah parameter air bersih sesuai standart balm mutu Permenkes. Kinerja reaktor diukur dengan membandingksn kualitas air sebelum dan sesudah diolah.
Kinerja Reaktor Biofilter menghasilkan air olahan yang sangat balk Secara visibel menghasilkan air olahan yang sangat jemih. Hasil analisis laboratorium terhadap efluen diperoleh konsentrasi BOD 5 mg/1; COD 8 mg/1; dan TSS 7 mg/1. Efisiensi removal BOD sebesar 98%; COD 98%, dan TSS 93%. Produk air olahan sangat memenuhi baku mutu yang ditetapkan oleh peraturan untuk limbah cair domestik. Perpaduan teknologi Biofilter dan Filtrasi berbasis multimedia filter pasir silika, manganese greensand, karbon aktit dan resin dapat mengolah air limbah domestik menjadi air bersih yang memenuhi syarat baku mutu lingkungan yang ditetapkan oleh Permenkes RI No : 416/MENKES/PER/DC/1990. Teknologi ini terbukti mampu menghasilkan air olahan yang sangat balk sehingga dapat dimanfaatkan kembali dan sangat memungkinkan digunakan sebagai air balm air minuet.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-06-01
Section
Artikel