Pendampingan Kelas Ibu Hamil Dimasa Pandemi Covid

 Abstract views: 1148

Authors

  • Siti Cholifah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Paramitha Amelia Kusumawardani Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Lely Ika Mariyati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Syndy Syeny Yuana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.36456/abadimas.v5.i01.a3351

Keywords:

ibu hamil, manajemen stres, senam hamil, akupresure

Abstract

Upaya peningkatan derajat kesehatan Ibu hamil terus dilakukan, meningat masiht ingginya Angka kematian Ibu (AKI) di Indonesia, Di masa pandemic mengakibatkan berbagai permasalahan kesehatan termasuk kesehatan ibu hamil. Kebijakan pemerintah untuk menerapkan menjaga jarak sosial,  menjaga jarak fisik dan bekerja dari rumah sebagai upaya untuk pencegahan penularan covid-19,  menyebabkan kegiatan kelas ibu hamil tidak  bisa dilaksanakan.  Sehingga tujuan dari kelas ibu hamil sebagai salah satu upaya pemerintah untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu dan bayi melalui kelas ibu hamil  yang merupakan bagian dari antenatal berkualitas tidak tedapat terlaksana.  Permasalahan yang dihadapi oleh mitra berdasarkan hasil observasi dan dikusi antara lain kecemasan ibu hamil bersalin dimasa pandemi dan kurangnya pengetahuan tentang cara mengatasi stress selama kehamilan, kebutuhan senam hamil belum terpenuhi, kurangnya pemberdayaan ibu hamil untuk meningkatkan status kesehatan. Solusi permasalahan mitra dengan melakukan pendampingan kelas ibu hamil di masa pandemi. Program pengabdian masyarakat ini dilakukan pada tanggal 29 Desember 2020 sampai 12 Januari 2021 pada kelas ibu hamil desa Ketimang Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Metode yang dilakukan adalah pendampingan kelas ibu hamil, kegiatan pendidikan kesehatan dan pelatihan pada ibu hamil. Hasilnya ada peningkatan pengetahuan ibu hamil tentang manajemen stres, senam hamil dan akupresur untuk meningkatkan status kesehatan ibu hamil

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Kemenkes, “Profil Kesehatan Indonesia tahun 2018,” 2019.

Dinkes Sidoarjo, “Profil Kesehatan Sidoarjo 2018.,” 2019.

Kemenkes RI, “Pedoman Umum Manajemenen kelas ibu hamil dan kelas ibu Balita,” 2014.

S. Astuti, Asuhan Ibu Dalam Masa Kehamilan. Jakarta: Erlangga, 2017.

R. Kemenkes, Pedoman pencegahan dan pengendalian corona virus desease. 2020.

B. W.R., S. S., C. P., A. A., and H. A., “The Psychological Experience of Obstetric Patients and Health Care Workers after Implementation of Universal SARS-CoV-2 Testing,” Am. J. Perinatol., 2020.

I. Syafriani, “Pengaruh Metode Penyuluhan Deteksi Dini Kehamilan Risiko Tinggi Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Pada Kelas Prenatal di Puskesmas Bangkinang Kota Kabupaten Kampar,” Doppler Univ. Pahlawan Tuanku Tambusai, 2017.

Downloads

Published

2021-07-11

Most read articles by the same author(s)