PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK GURU SMA KALAM KUDUS

 Abstract views: 93

Authors

  • Lya Dewi Anggraini Fakultas Industri Kreatif, Program Studi Arsitektur Interior, Universitas Ciputra
  • Yuli Kartika Dewi Universitas Ciputra Surabaya
  • Timotius Febry Christian Wahyu Sutrisno Universitas Ciputra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/abadimas.v5.i02.a3565

Keywords:

Kewirausahaan, Pembelajaran Daring, Video Pembelajaran, Aplikasi Video

Abstract

Pembelajaran daring menjadi satu-satunya pilihan yang dapat dilakukan semasa pandemi, namun tantangan yang dihadapi adalah bagaimana pembelajaran tersebut mampu terlaksana dengan lebih menarik bagi para siswa berbasis kreativitas, inovasi, dan penciptaan nilai tambah sebagai bentuk entrepreneurial activity. Keterbatasan para guru dalam pemanfaatan teknologi diatasi dengan pelatihan pembuatan video pembelajaran yang interaktif. Kegiatan ini dilaksanakan sepenuhnya secara daring antara tim Universitas Ciputra dengan kepala sekolah dan para guru SMAK Kalam Kudus Surabaya. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para guru terhadap teknologi informasi yang berguna untuk pembuatan dan pengeditan video secara praktis. Metode yang digunakan adalah diskusi interaktif tentang kondisi aktual yang dihadapi di lapangan, identifikasi pengetahuan dan kemampuan para guru, jenis mata pelajaran, dan pengamatan kondisi fisik di lapangan untuk melihat ketersediaan sarana prasarana. Selama pelatihan, ketertarikan dan minat para guru meningkat cukup tinggi dari banyaknya pertanyaan yang diajukan. Hal ini menimbulkan kebutuhan untuk penyusunan rencana pembelajaran secara daring, sebelum video pembelajaran yang menarik dapat dibuat. Tantangan waktu operasional sekolah yang sangat terbatas tidak menyurutkan keinginan para guru untuk mengatur dan mempersiapkan strategi pembelajaran yang lebih sistematis dan terencana terutama untuk mengantisipasi waktu yang lebih panjang saat pengeditan video.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yuli Kartika Dewi, Universitas Ciputra Surabaya

Dosen di Fakultas Manajemen dan Bisnis, Program Studi Manajemen Bisnis Internasional

Timotius Febry Christian Wahyu Sutrisno, Universitas Ciputra Surabaya

Dosen di Fakultas Manajemen dan Bisnis, Ketua Program Studi Manajemen Bisnis Internasional

References

Al-Maroof, R. A. S., & Al-Emran, M. (2018). Students acceptance of google classroom: An exploratory study using PLS-SEM approach. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(6), 112–123. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i06.8275

Anggraini, L. 2020. Penerapan Blended Learning dalam Kelas Sejarah dan Teori Arsitektur Interior Universitas Ciputra. Prosiding Seminar Nasional Envisi 2020: Industri Kreatif, 1(1) Maret, 33-42. https://www.uc.ac.id/envisi/wp-content/uploads/publikasina/ENVISI-2020-p033-Lya%20Dewi%20Anggraini-Penerapan%20Blended%20Learning%20dalam%20Kelas%20Sejarah%20dan%20Teori%20Arsitektur%20Interior%20Universitas%20Ciputra.pdf

Anggraini, et al. 2020. Peningkatan Pembelajaran Student-Centered SMAK Santo Yusup Surabaya melalui Penataan Ruang Kelas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang. 5 (1) Maret, 28-37. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpkm/article/view/3100

Brand Fonseca, K. A., & Soto Peralta, F. (2019). Google Classroom: An Effective Virtual Platform to Teach Writing in an EFL Composition Course. International Journal of English Language Teaching, 6(1), 27. https://doi.org/10.5430/ijelt.v6n1p27

Hubbard, R. (2012). The Really Useful elearning Instruction Manual. In The Really Useful elearning Instruction Manual. https://doi.org/10.1002/9781118375860

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Sekolah Kita. http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/E0BA9E7D-8D18-E1118776-8585F0B682E4

Korman, C. (2020). Google Classroom For Teachers 2020 A Complete Guide To Learn Everything You Need To Know For Your Classroom Management.

Lubis, R. L. (2019). Digital Entrepreneurship In Academic Environment : Are We There Yet ? Journal of Teaching and Education, 09(01), 167–193.http://www.universitypublications.net/jte/0901/pdf/H9V493.pdf

Michael, D. (2019). Where Millennials end and Generation Z begins | Pew Research Center. Pew Research Center, 1–7. https://www.pewresearch.org/fact-tank/2019/01/17/where-millennials-end-and-generation-z-begins/

Murphy, M. P. A. (2020). COVID-19 and emergency eLearning: Consequences of the securitization of higher education for post-pandemic pedagogy. Contemporary Security Policy, 0(0), 1–14. https://doi.org/10.1080/13523260.2020.1761749

Mylonas, N., Kyrgidou, L., & Petridou, E. (2017). Examining the impact of creativity on entrepreneurship intentions: The case of potential female entrepreneurs. World Review of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development, 13(1), 84–105. https://doi.org/10.1504/WREMSD.2017.080749

Nabukeera, M. (2020). The COVID-19 and online education during emergencies in higher education. Archives of Business Research, 8(5), 183–190. https://doi.org/10.14738/abr.85.8130

Pretorius, A. (2010). Factors that contribute towards improving learning effectiveness using a specific learning management system (LMS) at the Military Academy (MA): A demonstration. Campus-Wide Information Systems, 27(5), 318–340. https://doi.org/10.1108/10650741011087757

Raju, H. (2020). Covid -19 Lockdown-Challenges to Higher Education. May.

Raposo, M., & Paço, A. (2011). Entrepreneurship education : Relationship between education. Psicothema, 23(3), 453–457. http://www.psicothema.com/pdf/3909.pdf

Subandi, S., Choirudin, C., Mahmudi, M., Nizaruddin, N., & Hermanita, H. (2018). Building interactive communication with Google Classroom. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(2.13 Special Issue 13), 460–463. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.29.13799

Wibawanto, H. (2016). Generasi Z dan Pembelajaran di Pendidikan Tinggi. Simposium Nasional Pendidikan Tinggi, 1–12. https://eportfolio4hariwibawanto.files.wordpress.com/2018/11/pembelajaran-bagi-generasi-z.pdf

Zulfiqar, S., Sarwar, B., Aziz, S., Ejaz Chandia, K., & Khan, M. K. (2019). An Analysis of Influence of Business Simulation Games on Business School Students’ Attitude and Intention Toward Entrepreneurial Activities. Journal of Educational Computing Research, 57(1), 106–130. https://doi.org/10.1177/0735633117746746

Downloads

Published

2022-01-28

Most read articles by the same author(s)