Edukasi Gizi pada Masyarakat dalam Meningkatkan Pengetahuan tentang Gizi

 Abstract views: 589

Authors

  • Hanik Machfudloh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Paramitha Amelia Kusumawardani
  • Lukman Hudi
  • A. Miftakhurrahmat Miftakhurrahmat

DOI:

https://doi.org/10.36456/abadimas.v5.i01.a3695

Keywords:

edukasi, gizi, kesehatan, budidaya ikan lele, stunting

Abstract

Dinegara berkembang, adanya transisi gizi membuat prevalensi gizi meningkat sehingga dapat mengalami beban ganda untuk masalah gizi dimana gizi yang kurang maupun gizi yang lebih dapat menganggu proses pertumbuhan dan perkembangan terutama pada anak serta dapat meningkatkan risiko penyakit pada anak maupun orang dewasa. Survey pendahuluan di Desa Sidokepung kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo, masih terdapat balita gizi kurang sehingga tim pengabdi mengadakan edukasi mengenai gizi yang melibatkan para peternak budidaya ikan lele dan masyarakat umumnya. Metode yang dilaksanakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan ceramah, kunjungan, dan demo langsung. Kegiatan ceramah dan kunjungan dilakukan untuk pemahaman materi kesehatan dan gizi sedangkan demo langsung dilakukan untuk aplikasi materi yang langsung dapat ditiru dan dirasakan oleh peserta. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah pemahaman dari peserta edukasi tentang kesehatan dan gizi dan edukasi dalam aplikasi penentuan gizi dan kesehatan sehingga masyarakat cukup tertarik pada masalah yang disajikan. Selain itu, peserta memahami dengan baik tentang materi yang diberikan narasumber bahkan mereka sadar bahwa menjaga kesehatan dan mengetahui serta memperhatikan tentang gizi yang baik merupakan keharusan dan kewajiban setiap keluarga apalagi didukung dengan sebagian besar masyarakat merupakan peternak budidaya ikan lele dimana ikan lele merupakan ikan yang tinggi protein.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia Fifiantyas. 2018. “Pengaruh Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan Dan Praktik Calon Ibu Dalam Pencegahan KEK Ibu Hamil.” 6(5):77.

Dinas Kesehatan. 2019. “Profil Kesehatan Jawa Timur 2018.”

Directorate of Community Nutrition of The Ministry of Health of The Republic of Indonesia. 2017. “the 2017 Indonesia Nutritional Status Monitoring (Pemantauan Status Gizi 2017).”

Kemenkes RI. 2014. Pedoman Gizi Seimbang Kementerian Kesehatan RI 2014.

Kemenkes RI. 2018a. Buletin Stunting. Kementerian Kesehatan. Republik Indonesia.

Kemenkes RI. 2018b. RISET KESEHATAN DASAR.

Downloads

Published

2021-07-11

Most read articles by the same author(s)