Pemberdayaan Tenaga Pendidik melalui pelatihan Entrepreneurship di Sekolah Citra Berkat dan Sekolah Citra Kasih
Abstract views: 233DOI:
https://doi.org/10.36456/abadimas.v5.i02.a3740Keywords:
Covid19, Transformasi digital, Pelatihan entrepreneurshipAbstract
Dalam menghadapi era pandemi Covid-19 yang mengharuskan setiap sekolah melakukan pembelajaran jarak jauh melalui daring, muncul kendala yang menghambat para murid memperoleh pendidikan yang berkualitas dan dampak dari transformasi digital yang hadir begitu pesat sehingga semakin berkembang platform pendidikan digital yang memberikan tawaran yang menarik, pihak sekolah memerlukan adanya keterampilan tambahan yang dapat memperlengkapi setiap tenaga pendidik yang ada di internal sekolah untuk menjawab tantangan yang ada. Entrepreneurship sangat diperlukan bagi tenaga pendidik sebagai keterampilan yang dapat memperlengkapi dalam menghadapi perubahan tersebut. Pelatihan entrepreneurship dilaksanakan oleh program S2 Magister Manajemen Universitas Ciputra bekerja sama dengan Sekolah Citra Berkat dan Sekolah Citra Kasih di Indonesia sebagai program kegiatan pengabdian masyarakat. Pelatihan diberikan oleh dosen, mahasiswa dan para praktisi dari dunia usaha. Para peserta pelatihan merupakan tenaga pendidik yang ada di sekolah tersebut. Pelatihan dilakukan selama 5 bulan berturut sejak Januari hingga Juni 2021 melalui daring. Para peserta menunjukkan antusiasme dan semangat yang tinggi dalam mengikuti setiap pertemuan. Para peserta juga dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh selama pertemuan berlangsung. Pihak sekolah memperoleh hasil kemajuan yang baik setelah mengikuti pelatihan tersebut. Pelatihan entrepreneur sangat dibutuhkan oleh setiap sekolah khususnya setiap tenaga pendidik yang akan mengembangkan kompetensi yang lebih luas khususnya dalam bidang entrepreneurship.
Downloads
References
Arti, A. N., Mudzanatun, & Agustini, F. (2016). Pengembangan Entrepreneurship Guru Sekolah Dasar Melalui Pembuatan Wayang Pekerjaan. Seminar Universitas PGRI Semarang. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Azzahra, N. F. (2020, Mei). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Center for Indonesian Policy Studies. Retrieved from repository.cips-indonesia.org.
beritasatu.com. (2020, Agustus 7). Beritasatu.com. Retrieved from Nadiem Beberkan Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh: https://www.beritasatu.com/nasional/663215/nadiem-beberkan-hambatan-pembelajaran-jarak-jauh
Broadband Commission for Sustainable Development’s Working Group. (2020). The DigitalTransformation of Education:Connecting Schools,Empowering Learners. UN: ITU; UNESCO; UNICEF.
Kompas.com. (2020, 3 22). edukasi.kompas.com. Retrieved from 12 Aplikasi Pembelajaran Daring Kerjasama Kemendikbud, Gratis!: https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi-pembelajaran-daring-kerjasama-kemendikbud-gratis?page=all
Manurung, H. (2013). Peluang Kewirausahaan Sekolah Melalui Kreativitas dan Inovasi. Journal of Business and Entrepreneurship, 1-28.
mediaindonesia.com. (2020, Desember 21). mediaindonesia.com. Retrieved from Pandemi Percepat Transformasi Digital dalam Bisnis: https://mediaindonesia.com/teknologi/370747/pandemi-percepat-transformasi-digital-dalam-bisnis
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 padaGuru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 861-872.
Raval, T. (2019, Agustus 20). Forbes.com. Retrieved from Digital Transformation In The Age Of Millennials And Gen Z: https://www.forbes.com/sites/forbestechcouncil/2019/08/20/digital-transformation-in-the-age-of-millennials-and-gen-z/?sh=1f7384c52708
Saputro, E. P. (2021, Januari 27). Kontan.co.id. Retrieved from Potensi Bisnis di Era Milenial & Generasi Z: https://analisis.kontan.co.id/news/potensi-bisnis-di-era-milenial-generasi-z
Suryandari, D., Hidayah, R., Sukirman, Baroroh, N., & Hajawiyah, A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Pengembangan Kewirausahaan. Jurnal Implementasi, 65-70.
tribunnews.com. (2020, September 4). tribunnews.com. Retrieved from Ragam Upaya Pemerintah Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh: https://www.tribunnews.com/pendidikan/2020/09/04/ragam-upaya-pemerintah-tingkatkan-kualitas-pembelajaran-jarak-jauh
Unesco.org. (2021, Juni 11). Education: From disruption to recovery. Retrieved from Global monitoring of school closures: https://en.unesco.org/covid19/educationresponse
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tina Melinda, Daniel Kurniawan, Denny Bernadus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.