PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN UNTUK PENANAMAN TOGA DI DESA JATIKALANG KECAMATAN KRIAN KABUPATEN SIDOARJO

 Abstract views: 123

Authors

  • Rhenny Ratnawati Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sri Widyastuti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Pungut Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/abadimas.v5.i02.a3939

Keywords:

COVID-19, Lahan Pekarangan, TOGA

Abstract

Usaha untuk mencegah penularan COVID 19 dapat dilakukan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun menggunakan handsanitizer dan lain sebagainya. Menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari COVID 19 salah satunya dengan menjaga imun tubuh dengan mengkonsumsi obat herbal/obat tradsional atau suplemen kesehatan. Kunyit, jahe, temulawak, meniran, jambu biji, sambiloto merupakan Tanaman obat keluarga (TOGA) yang berfungsi untuk meningkatkan imun. Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah pengetahuan tenatng pemanfaatan lahan pekarangan yang dapat dibuat sebagai taman TOGA. Metode pelaksanaan pengabdian diawali dari survey lokasi, penyuluhan dan monitoring serta evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah masyarakat masyarakat memperoleh, pengetahuan dan kertampilan serta kesadaran untuk memanfaatkan lahan sebagai lahan tanaman TOGA. Hal itu ditandai dengan terlihatnya perubahan beberapa lahan warga yang sudah banyak ditanami tanaman TOGA dan mulai memanfaatkan hasilnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harfiani, Erna, Anisah, and Irmarahayu Agneta. 2014. “Pemberdayaan Masyarakat Rw 03 Depok Jaya Dalam Memanfaatkan Toga Di Lahan Pekarangan Rumah Sebagai Minuman Kesehatan.” Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2.

Karamina, Hidayati, Supriyadi Supriyadi, Dudella Desnani Firman Yasin, Muhammad Yusi Kamhar, and Farida Kusuma Astuti. 2020. “Pemanfaatan Dan Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Menuju Keluarga Sehat Pada Ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).” JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat 3(2):120. doi: 10.33474/jipemas.v3i2.6416.

Kristanti, I. 2011. “Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan Menjadi Taman Sayur Yang Produktif.”

Misfadhila, Sestry, Zikra Azizah, Rusdi, and cynthia diane Putri Chaniago. 2018. “Pengaplikasian Cangkang Telur Dan Karbon Aktif Sebagai Adsorben Logam Timbal.” Farmasi Higea 10(2):1–8.

Nugraha, Sumedi P. 2015. “Pelatihan Penanaman Tanaman Obat Keluarga (Toga).” Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship 4(Vol 4, No 01 (2015): January 2015):58–62.

Nurdiwaty, Diah, Erna Puspita, Dian Kusumaningtyas, and Puji Winarko. 2017. “Diah Nurdiwaty 1 , Erna Puspita 2 Dkk PEMBERDAYAAN WANITA MELALUI TANAMAN TOGA UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA.” Jurnal ABDINUS 1(1):20–27.

Ode, La, Muhammad Fitrawan, Asniar Pascayantri, Andi Nafisah, and Tendri Adjeng. 2020. “Sosialisasi Dan Edukasi Pemanfaatan Tanaman Berkhasiat Obat Dalam Menghadapi Masa Pandemi COVID-19 Di Kota Kendari Socialization and Education Of Effective Medicine Plants In Facing COVID-19 Pandemic in Kendari City COVID-19 Berkasiat Obat Sulawesi Tengga.” 1(2).

Rahayu, M. &. Prawiroatmojo. 2005. “Keanekaragaman Tanaman Pekarangan Dan Pemanfaatannya Di Desa Lampeapi, Pulau Wawoni, Sulawesi Selatan.” Jurnal Teknologi Lingkungan P3TL-BPPT 6(1):111–117.

Susanto, Agus. 2017. “Komunikasi Dalam Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Di Kecamatan Margadana.” Jurnal Para Pemikir 6(1):111–17.

Wurianingsih, Mega. 2011. “Studi Karakteristik Dan Fungsi Pekarangan Di Desa Pasir Eurih Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor.” Skripsi IPB. Bogor.

Downloads

Published

2022-01-28

Most read articles by the same author(s)